Subscribe:

Main Menu

Selasa, Desember 22, 2009

GROUP_CONCAT di mysql

kemarin aku nyari-nyari fungsi ini. perasaan dulu pernah makai.. tapi lupa namanya.. biar gak lupa di tulis aja di blog :D.

fungsi ini digunakan untuk menggroupkan satu kolom yang berisi beberapa baris dijadikan satu baris. misalnya gini

Nama
-------
Ahmad
Ali
Bastomi

jika memakai ini hasilnya akan menjadi seperti ini

Nama
---------
Ahmad, Ali, Bastomi


fungsi ini sangat cocok untuk beberapa kondisi.. untuk melist beberapa tindakan yang menjadi satu baris saja. cara penggunaannya cukup mudah. seperti fungsi-fungsi group yang lain(ex.. MAX,MIN,AVG,dll). aturan penulisannya seperti ini

GROUP_CONCAT([DISTINCT] expr [,expr ...]
[ORDER BY {unsigned_integer | col_name | expr}
[ASC | DESC] [,col_name ...]]
[SEPARATOR str_val])
contoh :
mysql> SELECT student_name,
-> GROUP_CONCAT(test_score)
-> FROM student
-> GROUP BY student_name;
atau seperti ini
mysql> SELECT student_name,
-> GROUP_CONCAT(DISTINCT test_score
-> ORDER BY test_score DESC SEPARATOR ' ')
-> FROM student
-> GROUP BY student_name;




Senin, Desember 21, 2009

tersenyum saat orang-orang di sekelilingmu menangis

"Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum.
Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis."

Seperti halnya kematian bapak.. aku menyesal tidak bisa melihat wajah beliau untuk terakhir kalinya.. T_T. tapi rasanya aku sedikit tenang dan senang saat ada saudaraku yang berhasil mengabadikan wajah beliau. Beliau terlihat tersenyum senang... seakan kebahagiaan telah di dapatnya. sementara orang-orang di seklilingnya terus menangisi kepergiannya.. T_T. semoga semua amal-amal beliau di terima oleh Allah.. amiin.

Sudah satu minggu lebih sejak kepergian beliau. tapi aku masih bisa mengingat dengan jelas dan merasakan suasana saat itu.. setelah dari rumah sakit. aku langsung pulang untuk melihat jenazah bapak. menyolati dan menguburkannya... di dalam perjalanan pulang aku terus memikirkan beliau. sedih hati terus kutahan. rasanya ingin menetes air mataku. tapi aku terus berusaha untuk tegar menghadapi cobaan ini.



Sesampai di rumah, aku melihat begitu banyak orang yang datang untuk mendoakan bapak. rasanya senang dan terharu.. terus aku masuk ke halaman rumah ku melihat kakakku.. di terlihat begiru tegar. Rasanya aku ingin menangis sedih.. tapi dengan melihat ketegarannya. aku sedikit bisa tenang. kakakku menyuruhku untuk segera masuk dan menemui nenek. Aku tahu aku tidak boleh meneteskan air mata saat bertemu beliau, agar beliat tidak bertambah sedih karenan kehilangan putra beliau. aku mencoba tegar dan mendengarkan setiap ucapan beliau dengan tenang.. beliau terus menangisi putranya.. aku tidak bisa berbuat apa-apa. hanya mencoba untuk tetap tegar dan menghibur beliau. kata-kata dari beliau yang aku ingat benar saat itu adalah beliau selalu meminta doa kepada bapak. saat nanti kalau nenek sudah tidak ada. tapi sekarang kenapa bapak yang meminta doa kepada nenekku.. T_T. rasanya hati ini tidak kuat mendengarnya.. tapi ku terus tegar dan berusaha menghiburnya...

setelah itu aku mencari jenazah bapak. ingin melihat beliau untuk terakhir kali. tapi aku sedikit kecewa karena jenazah beliau sudah di tutup dengan kain kafan dengan rapi. aku hanya bisa melihat kerandanya. T_T. aku mencoba meminta izin untuk melihat wajah beliau. tapi tidak di izinkan dikarenakan sudah tertata rapi. takut nanti akan keluar darah lagi. rasa kecewa karena tidak bisa melihat beliau terakhir kali.

mendengar shalawat-shalawat yang dikumandangkan.. melihat begitu banyak orang yang menangisi beliau. hati terasa senang. semoga beliau mendapatkan tempat yang terbaik disisiNya. mendengarkan cerita-cerita orang saat terakhir bertemu beliau. Ada yang bercerita terakhir bertemu mereka mencium bau yang sangat harum. ada yang bercerita saat melihat bapak seakan wajah bapak bersinar terang. Ya Allah.. maha suci engkau. ampunilah dosa-dosanya dan masukkanlah beliau kedalam orang-orang yang engkau cintai.

Saat mendengar berita adikku sudah dekat rumah. jenazah bapak segera di angkat ke musholla untuk segera di lakukan sholat jenazah. akupun ikut mengiringinya. begitu banyak orang yang ikut membantu mengangkat dan begitu banyak orang yang ikut menshalati beliau.. begitu banyak orang yang ikut mengangkat jenazah beliau mengiringnya sampai kepemakaman..

Kamis, Desember 17, 2009

HADAPI DENGAN SENYUM By DEWA 19


Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi
Biar terjadi...
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua....Kan baik-baik saja.

Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan
Tetaplah sudah...
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah.

Reff...
Relakanlah saja ini
Bahwa semua yang terbaik
Terbaik untuk kita semua
Menyerahlah untuk menang.

Selasa, Desember 15, 2009

7 Desember 2009:10:32

Belum hilang rasanya rasa sedihku karena kehilangan seseorang yang aku sayangi.. sekarang sudah di berikan cobaan lebih berat lagi dengan kehilangan bapak. ya allah aku meminta pertolongan darimu. berikan hamba kesabaran dan kekuatan menghadapi ini.

Masih teringat setiap kerjadian. detik-detik dimana aku dikabari tentang meninggalnya bapak. Hari itu hari senin tanggal 7 Desember 2009, tepat jam 10:32. aku mendapatkan telpon dari adikku yang sedang mencari ilmu di pesantren langitan. dengan menangis tersedu-sedu adikku menelponku dan menyuruhku untuk pulang segera. dengan hati yang bingung aku terus bertanya kenapa dengan tiba-tiba aku di suruh pulang? dan kenapa adikku menangis seperti itu?. aku teringat semua anggota keluargaku. takut terjadi apa2.

langsung aku mencoba meminta izin untuk pulang. tapi belum di ijinkan karena harus ada alasan kuat kenapa aku harus pulang. aku mencoba menelepon adikku lagi meminta penjelasan darinya. masih dengan tangisnya. dia dengan singkat menceritakan "Bapak, bue karo aily kecelakaan. bapak kapundut. alhamdulillah bue karo aily gakpopo.." rasa percaya dan tidak percaya terus mengusik dalam pikiran. sejenak berpikir tentang apa yang di katakan adikku...

aku bingung dan tak bisa berpikir dengan baik.. aku pikir lebih baik aku pulang sekarang untuk lebih pastinya.. dengan menaiki sepeda motor aku berniat untuk langsung pulang ke tuban. di perjalanan pikiranku terus memikirkan hal ini... sampai tak terasa air mata membanjiri... pikiranku tak tenang bingung dan tidak bisa mempercayainya... sementara itu HPku terus berbunyi... telpon dan sms terus berdatangan... ingin mengabari dan mengucapkan bela sungkawa.aku tidak mempedulikan semua itu.. aku tidak sempat untuk memikirkan itu.

Di tengah perjalanan... aku mencoba untuk menenangkan diri. kuhentikan laju motorku.. berhenti didepan ruko2. kucoba untuk tenang. membuka handphone.. rupanya kakakku mencoba menghubungiku berkali-kali. setelah menelpon kakakku.. aku mulai bisa untuk tenang. dan langsung aku lanjutkan perjalanan. kali ini rencanaku tidak akan mengendarai sepeda motor sampe rumah. sampe terminal saja. ntar pulangnya naik bis. di karenakan aku masih belum bisa konsen. takut akan terjadi sesuatu.

di dalam perjalanan naik bis. pikiranku tetap tidak bisa tenang. terus memikirkan bapak. memikirkan keadaan ibu. dan adekku.. begitu juga handphoneku terus berdering mengiringi perjalanku..

Sesuai permintaan kakakku, aku akan turun tepat di depan pesantren langitan. setelah aku turun. aku teringat dengan adikku... aku belum membelikan oleh-oleh buat adik. berharap adikku tidak kenapa-kenapa. dan nanti akan senang saat aku membawakan oleh-oleh. langsung saja aku pergi ke toko pesantren langitan untuk sekedar membeli sedikit oleh-oleh. dan aku telpon kakak sepupuku yang sudah tinggal di dekat pesantren dan menjadi guru di sana. untuk sekedar mengabari kalau aku sudah berada di langitan.

tidak selang lama kakak sepupuku datang menjemputku. aku mencoba tanya beberapa hal kepada kakakku itu. bagaimana keadaan ibu dan adik. sekilas mendapat penjelasan dariNya aku sedikit tenang. karena mereka tidak mengalami luka yang serius.

Sesampai di Rumah sakit. aku langsung di sambut oleh keluarga yang sedang menunggu. rasa sedih mulai menghampiri.. aku mencoba untuk tegar.. tapi semua itu hilang saat aku melihat kondisi ibuku.. baju - bajunya sobek. darah yang hampir mengering masih ada di hampir sekujur tubuh. wajah ibuku yang penuh memerah entah karena darah ato kesdihan yang mendalam. dan juga jahitan di hampir seluruh wajahnya.. air mataku terus keluar tanpa bisa aku bendung. adikku ada di sebelah ibuku mencoba memberitahuku untuk jangan menangis agar ibu tidak bertambah sedih.. aku mencoba dengan keras untuk tegar.. aku keluar ruangan sebentar untuk menghapus air mataku. kulihat lagi ibuku.. dan mencoba untuk menenangkannya.. aku mencoba melihat sekeliling. aku tidak melihat adikku yang ikut kecelakaan di ruangan itu. setelah aku menanyakannya.. aku tahu kalau adikku masih ada di Ruang gawat darurat.

Segera aku turun dan menuju ke ruang gawat darurat. aku menemui adikku dengan luka-luka lecet dan darah di sekujur tubuh. bahkan darah keluar dari telinga kirinya.. tatapannya kosong.. diam tak banyak bicara seperti biasanya. terus diam memandang langit-langit ruangan. seakan bingung apa yang telah terjadi.. aku menghampirinya mencoba untuk menghiburnya... aku terus menemaninya saat dokter memriksanya.. mengendongnya ke dalam ruang rontgen.. aku tak tega untuk meninggalkannya.. tapi aku harus pulang kerumah untuk mensholati dan menguburkan bapakku..



Status Palsu by Vidi Aldiano

Separuh hati denganmu
Kujalani cintaku
Berusaha tuk jadi kekasih
Aku menipu dirimu
Ku bilang cinta padamu
Tapi dariku itu yang terbaik
Kau bukan pilihan
Karena ku tak sedikitpun Hasratku padamu

Reff :
Terpaksa aku mencintai dirimu
Hanya untuk status palsu
Setengah hati kujalani cinta
Karena aku tak suka denganmu
Kuberikan cintaku
Meski tak stulus hatiku

Kuharapkan engkau tak pernah tau
Rasa cintaku padamu
Hanya dibibir saja
Tak sedikitpun hati bicara
Semoga selama ini
Kau tak tau bahwa sesungguhnya
Aku tak mencinta

Back to Reff

Jika aku bisa menjadi lelaki pujaan
Yang selalu engkau impikan

Senin, November 30, 2009

Hack Proxy di linux

Biasanya kalo di windows memakai ultrasurf. sejak pindah makai linux jadi bingung musti pakai apa ya untuk mencoba melihat website yang di block. setelah mencoba googling. akhirnya ketemu dua software yang bagus untuk pengganti ultrasurf di windows. yaitu privoxy dan TOR.

untuk privoxy cara memakainya mudah tinggal apt-get install privoxy. sudah selesai. privoxy akan otomatis jalan. tinggal kita arahkan settingan proxy browser kita ke alamat localhost:8118

untuk tor caranya kayak gini :


di dalam file /etc/apt/sources.list tambahkan link ini :

deb http://mirror.noreply.org/pub/tor intrepid main
deb-src http://mirror.noreply.org/pub/tor intrepid main


Buka Terminal
Ketik seperti ini

$ gpg --keyserver subkeys.pgp.net --recv 94C09C7F
$ gpg --fingerprint 94C09C7F

akan tampil seperti ini

pub 1024D/94C09C7F 1999-11-10
Key fingerprint = 5B00 C96D 5D54 AEE1 206B AF84 DE7A AF6E 94C0 9C7F
uid [ultimate] Peter Palfrader

setelah menerima ini. kamu harus menambahkan key ini. dapat di lakukan dengan cara seperti ini

$ gpg --export 94C09C7F | sudo apt-key add -

setelah itu ketik

sudo apt-get update
sudo apt-get install tor


Kamis, November 26, 2009

MUTIARA KATA KHALIL GIBRAN (1833-1931)

Salahlah bagi orang yang mengira bahwa cinta itu datang kerana pergaulan yang lama dan rayuan yang terus menerus. Cinta adalah tunas pesona jiwa, dan jika tunas ini tak tercipta dalam sesaat, ia takkan tercipta bertahun-tahun atau bahkan abad.

Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.

Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.


Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat- hukum-hukum kemanusiaan dan gejala alami pun tak mampu mengubah perjalanannya.

Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang

Jangan kaukira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.

Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati;
tetapi kita lari daripadanya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya

Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang belum dilahirkan.

Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau. Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.

Setiap orang muda pasti teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap kembali hari-hari asing itu, yang kenangannya mengubah perasaan direlung hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik kepahitan yang penuh misteri.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah… kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan

Apa yang telah kucintai laksana seorang anak yang tak henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang kucintai kini… akan kucintai sampai akhir hidupku, kerana cinta ialah semua yang dapat kucapai… dan tak ada yang akan mencabut diriku dari padanya

Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah sentiasa.

Seorang wanita telah dilengkapi oleh Tuhan dengan keindahan jiwa dan raga adalah suatau kebenaran, yang sekaligus nyata dan maya, yang hanya bisa kita fahami dengan cinta kasih, dan hanya bisa kita sentuh dengan kebajikan.


Selasa, November 24, 2009

Rizki di tempat yang lain

Ya Allah..
Wahai pemilik Alam semesta ini
Engkaulah penggenggam kekuasaan di dunia ini
Engkaulah yang menentukan baik dan buruk
Engkaulah pemberi rizki pada setiap makhlukmu

Berikanlah hamba rizkimu melalui dan tempat yang lain... Amiin..

Senin, November 23, 2009

UBUNTU : apt-get lewat proxy

kebanyakan di tempat kerja kita memakai proxy untuk membatasi karyawannya. dan melihat aktifitasnya. nah kalo koneksi ke internet kita memakai proxy. gimana cara kita bisa install dan update ke repository?

Caranya cukup mudah. kita tinggal menambahkan baris berikut di dalam file


/etc/apt/apt.conf

Tambahkan baris berikut ini.

Acquire::http::Proxy
"http://:";

Simpan. dan anda bisa dengan otomatis update dan install program dengan apt-get




Ingin kembali mondok

Hati ini merasa sedang bimbang
Berjalan entah kemana
Tak memiliki tujuan yang pasti
Terus berjalan tanpa arah

Hidup tak memiliki langkah tujuan
Sangatlah hampa terasa
Menjalani kehidupan tanpa memiliki arti
Ku ingin temukan arti hidupku lagi

Sesaat terpikir untuk kembali ke pesantren
Menjalani masa-masa tenang dan penuh canda
Tapi apakah aku bisa?
Di mana aku bisa temukan pesantren di surabaya ini?

Sabtu, Oktober 31, 2009

Laporan Crosstab di Jasper

Kemarin barusan nyoba-nyoba bikin laporan crostab pake jasper.. ternyata cukup mudah. hasilnya juga lumayan bagus. caranya gini nech...

1. Buat query yang akan di tampilkan laporannya dalam bentuk crosstab.
contoh aja kayak gini

select patient_nm,gender from patient

2. Buat Laporan kosong di jasper
3. Tambahkan dataset baru dengan klik kanan window report inspector -> add Dataset
4. klik kanan lalu edit query di dataset yang tadi di buat
5. masukkan query yang tadi di buat


6. lalu pilih komponen crosstab di palette, drag and drop ke Band Detail


7. lalu akan muncul dialog wizard untuk membuat crosstab
8. step pertama pilih dataset yang tadi kita buart
9. step 2 tentukan baris yang akan di pakai dalam crostab kita.. untuk hal ini kita memakai patient_nm

Rabu, Oktober 28, 2009

............

Alhamdulillah.. Segala puji bagi engkau ya rabb... tiada yang salah dengan semua takdirmu. setiap kejadian dan peristiwa aku percaya semuanya tidak lepas dari kekuasaanmu. tidak ada yang salah dengan semua yang terjadi selama ini.

Aku rasa inilah yang aku rasakan saat ini. Segala puji baginya. sesungguhnya allah itu maha baik.. setiap yang keluar dariNya adalah kebaikan. Aku tahu engkau memiliki rencana di balik kejadian yang aku alami sekarang ini. dan aku percaya rencana itu akan menjadi sangat indah.

Hamba hanya bisa mengucap Hamdalah dan Takbir untukmu ya rabb.. Terima kasih ya allah.. Sesungguhnya engkau Maha Besar.

Rabu, Oktober 21, 2009

Alhamdulillah... Bismillah

Alhamdulillah.. Alhamdulillah...
Alhamdulillahi rabbil alamin...
Segala puji bagi engkau ya rabb...
Telah engkau berikan hamba waktu sampai saat ini

Syukron Ya Allah..
Terima kasih atas semua nikmat yang engkau berikan selama ini
Terima kasih atas semua rizqi yang engkau limpahkan selama ini
Segala puji bagi engkau untuk semua kebahagiaan selama ini

Astaghfirullah..
Hamba meminta ampun kepada engkau
Atas ke salahan hamba selama ini
Waktu yang engkau berikan tidak semua aku abdikan kepada engkau
Ampuni hambamu ini ya Rabb...


Bismillahirrahmanirrahim..
Dengan menyebut namamu ya rabbi..
Hamba meminta perlindunganmu ya rabb
Untuk sisa usiaku yang tersisa ya rabbi

Jadikanlah hamba pribadi yang bertaqwa
Jadikanlah hamba termasuk golongan yang engkau cintai
Tancapkan langkah2 hamba pada jalan yang engkau ridhoi
Tuntunlah hamba kepada keridhoanmu

Jangan engkau biarkan hamba tersesat..
Sesat kepada musuhmu setan yang terkutuk
Hamba berlindung kepadamu ya rabb
Jangan biarkan hamba berjalan sendiri di sisa jalanku ini

Di sisa usia hamba ini
Hamba berharap agar bisa terus berada di jalanmu
Hamba ingin agar hati dan jalan yang aku lalui
Mendapatkan ridhomu ya rabbi

Amiin... Amiin... Y rabbal 'alamin....

Selasa, September 29, 2009

Ya Allah, Tolonglah hamba

Di hati ini
Selalu terasa sesuatu yang mengganjal.
Terus mengusik diri ini.
Hingga tak tenang ku di buatnya.
Kemanapun aku pergi.
Apapun yang aku lakukan.
Perasaan ini terus mengusik benak pikiran ini.
Kemanakah aku harus berlari lagi.
Apa yang perlu aku lakukan
untuk mengusir batu kecil di dalam hati ini
bimbang dan ragu terus menghantui
Akankah jadi milikku
Ya Allah
Hamba tidak ragu akan ke kuasaanmu
Engkau bisa membuat diri ini tidak bernafas seketika
Hamba tidak meragukan kebesaranmu ini
Engkau bisa membuat Kaki dan tangan ini lumpuh seketika
Sesungguhnya semua ini milikmu
Engkau bisa merubah hati orang lalim
Menjadi orang yang berbudi luhur
Hamba tak meragukannya sedikitpun
Semua itu hal yang kecil bagi engkau
Ya Allah
Tolonglah hamba ini
Bantulah hambamu ini



Jumat, September 04, 2009

Perhitungan Zakat Profesi

Menurut Yusuf Qardhawi perhitungan zakat profesi dibedakan menurut dua cara:
  1. Secara langsung, zakat dihitung dari 2,5% dari penghasilan kotor seara langsung, baik dibayarkan bulanan atau tahunan. Metode ini lebih tepat dan adil bagi mereka yang diluaskan rezekinya oleh Allah. Contoh: Seseorang dengan penghasilan Rp 3.000.000 tiap bulannya, maka wajib membayar zakat sebesar: 2,5% X 3.000.000=Rp 75.000 per bulan atau Rp 900.000 per tahun.
  2. Setelah dipotong dengan kebutuhan pokok, zakat dihitung 2,5% dari gaji setelah dipotong dengan kebutuhan pokok. Metode ini lebih adil diterapkan oleh mereka yang penghasilannya pas-pasan. Contoh: Seseorang dengan penghasilan Rp 1.500.000,- dengan pengeluaran untuk kebutuhan pokok Rp 1.000.000 tiap bulannya, maka wajib membayar zakat sebesar : 2,5% X (1.500.000-1.000.000)=Rp 12.500 per bulan atau Rp 150.000,- per tahun.

Kamis, September 03, 2009

sejarah wayang di indonesia

wayang berasal dari kata wayangan
yaitu sumber ilham dalam menggambar wujud tokoh dan cerita
sehingga bisa tergambar jelas dalam batin si penggambar
karena sumber aslinya telah hilang
(yang ngilangin bukan saya, lhoo . . . :-) :-) )

di awalnya, wayang adalah bagian dari kegiatan religi animisme
menyembah 'hyang', itulah inti-nya
dilakukan antara lain di saat-saat panenan atau taneman
dalam bentuk upacara ruwatan, tingkeban, ataupun 'merti desa'
agar panen berhasil atau pun agar desa terhindar dari segala mala
(masih ingat lakon 'sudamala', kan?)

di tahun (898 - 910) M wayang sudah menjadi wayang purwa
namun tetap masih ditujukan untuk menyembah para sanghyang
seperti yang tertulis dalam prasasti balitung
sigaligi mawayang buat hyang, macarita bhima ya kumara
(terjemahan kasaran-nya kira-kira begini :
menggelar wayang untuk para hyang
menceritakan tentang bima sang kumara)

di jaman mataram hindu ini,
ramayana dari india berhasil dituliskan dalam bahasa jawa kuna (kawi)

pada masa raja darmawangsa, 996 - 1042 M
mahabharata yang berbahasa sansekerta delapan belas parwa
dirakit menjadi sembilan parwa bahasa jawa kuna

lalu arjuna wiwaha berhasil disusun oleh mpu kanwa
di masa raja erlangga

sampai di jaman kerajaan kediri dan raja jayabaya
mpu sedah mulai menyusun serat bharatayuda
yang lalu diselesaikan oleh mpu panuluh
tak puas dengan itu saja,
mpu panuluh lalu menyusun serat hariwangsa
dan kemudian serat gatutkacasraya

menurut serat centhini,
sang jayabaya lah yang memerintahkan menuliskan ke rontal
(daun lontar, disusun seperti kerai, disatukan dengan tali)
di jaman awal majapahit wayang digambar di kertas jawi
(saya juga tidak tahu, apa arti 'kertas jawi' ini )
dan sudah dilengkapi dengan berbagai hiasan pakaian

masa-masa awal abad sepuluh
bisa kita sebut sebagai globalisasi tahap satu ke tanah jawa
kepercayaan animisme mulai digeser oleh pengaruh agama hindu
yang membuat 'naik'-nya pamor tokoh 'dewa'
yang kini 'ditempatkan' berada di atas 'hyang'

abad duabelas sampai abad limabelas
adalah masa 'sekularisasi' wayang tahap satu
dengan mulai disusunnya berbagai mithos
yang mengagungkan para raja sebagai keturunan langsung para dewa

abad limabelas adalah dimulainya globalisasi jawa tahap dua
kini pengaruh budaya islam yang mulai meresap tanpa terasa
dan pada awal abad keenambelas berdirilah kerajaan demak
( 1500 - 1550 M )

ternyata banyak kaidah wayang yang berbenturan dengan ajaran islam
maka raden patah memerintahkan mengubah beberapa aturan wayang
yang segera dilaksanakan oleh para wali secara gotongroyong
wayang beber karya prabangkara (jaman majapahit) segera direka-ulang
dibuat dari kulit kerbau yang ditipiskan
(di wilayah kerajaan demak masa itu,
sapi tidak boleh dipotong
untuk menghormati penganut hindu yang masih banyak
agar tidak terjadi kerusuhan berthema sara . . . )
gambar dibuat menyamping, tangan dipanjangkan,
digapit dengan penguat tanduk kerbau, dan disimping

sunan bonang menyusun struktur dramatika-nya
sunan prawata menambahkan tokoh raksasa dan kera
dan juga menambahkan beberapa skenario cerita
raden patah menambahkan tokoh gajah dan wayang prampogan
sunan kalijaga mengubah sarana pertunjukan yang awalnya dari kayu
kini terdiri dari batang pisang, blencong, kotak wayang, dan gunungan
sunan kudus kebagian tugas men-dalang
'suluk' masih tetap dipertahankan,
dan ditambah dengan greget saut dan adha-adha

pada masa sultan trenggana
bentuk wayang semakin dipermanis lagi
mata, mulut, dan telinga mulai ditatahkan
(tadinya hanya digambarkan di kulit kerbau tipis)

susuhunan ratu tunggal, pengganti sultan trenggana, tidak mau kalah
dia ciptakan model mata liyepan dan thelengan
(joan crawford pun mestinya bayar royalti pada dia, nih !)
selain wayang purwa sang ratu juga memunculkan wayang gedhog
yang hanya digelar di lingkungan dalam keraton saja
sementara untuk konsumsi rakyat jelata
sunan bonang menyusun wayang damarwulan

jaman kerajaan pajang memberikan ciri khas baru
wayang gedhog dan wayang kulit mulai ditatah tiga dimensi
(mulai ada lekukan pada tatahan)
bentuk wayang semakin ditata :
raja dan ratu memakai mahkota/topong
rambut para satria mulai ditata, memakai praba
dan juga mulai ditambahkan celana dan kain
di jaman ini pula lah sunan kudus memperkenalkan wayang golek dari kayu
sedang sunan kalijaga menyusun wayang topeng dari kisah-kisah wayang gedog
dengan demikian wayang gedog pun sudah mulai memasyarakat di luar keraton

di masa mataram islam wayang semakin berkembang
panembahan senapati menambahkan berbagai tokoh burung dan hewan hutan
dan rambut wayang ditatah semakin halus

sultan agung anyakrawati menambahkan unsur gerak pada wayang kulit
pundak, siku, dan pergelangan wayang mulai diberi sendi
posisi tangan berbentuk 'nyempurit'
dengan adanya inovasi ini muncul pula tokoh baru :
cakil, tokoh raksasa bertubuh ramping yang sangat gesit dan cekatan

sultan agung anyakrakusuma, pengganti beliau, ikut menyumbang
bentuk mata semakin diperbanyak
dan pada beberapa tokoh dibuat beberapa wanda (bentuk)
setelah semua selesai dilaksanakan, diciptakan seorang tokoh baru
raksasa berambut merah bertaji seperti kuku
yang akhirnya disebut 'buta prapatan' atau 'buta rambutgeni'
(catatan hms :
mungkinkah ini ada kaitannya
dengan berdirinya voc di tahun 1602 ? )

berbagai inovasi dan reka-ulang wayang masih terus berlangsung
dari jaman mataram islam sampai jaman sekarang
a.l. dengan munculnya ide-ide 'nyeleneh' para dhalang
berbagai peralatan elektronis mulai ikut berperan
dalam tata panggung maupun perangkat gamelan
begitu pula dalam hal tata pakaian yang dikenakan
oleh ki dhalang, pesinden, maupun para juru karawitan

dalam hal skenario-nya pun senantiasa ada pergeseran
sehingga kini sudah semakin sulit dihakimi
mana yang cerita 'pakem' dan mana 'carangan'
(cerita tentang asal-usul semar, misalnya,
ada beberapa versi yang semuanya layak untuk dipelajari )
tapi siapa sih yang bisa disebut 'berwenang menghakimi' ?

walau demikian, garis besar struktur dramatika-nya agaknya relatif tetap
pathet nem, pathet sanga, lalu pathet manyura
relatif standar dan tetap
seperti juga mengenai inti filsafatnya sendiri :
wayang adalah perlambang kehidupan kita sehari-hari

di sunting dari : Cerita Wayang

Rabu, September 02, 2009

Ku Berharap Ma'af dari mu

Rasanya sangat sepi
Rasanya sangat sedih
Ketar-ketir hati ini
Terus mengiringi kaki

Aku terlalu jauh melangkah
Terus melangkah seakan aku tersesat
Dalam rantauan yang takkan habis
Ku ingin kembali dalam kehangatan

Cahaya yang menyinari alam
Menyentuh hati dan kalbu
Kuingi kehangatan itu
Bisa kurasakan di hati

Sesat dan terjerumus
kedalam kotoran yang penuh dosa
dalam sanubari terus berteriak
berteriak dan berteriak meminta di dengarkan

kuingin kembali. kedalam pelukanmu
yang penuh kehangatan
dan memberi ketenangan di dalam jiwa
ma'afkan kesalahanku ini

Ku berharap ma'af dari mu,di bulan yang suci ini

Senin, Agustus 31, 2009

Mimpi semalam

Rasanya sudah lama banget gak ngeblog. hari ini rasanya pengen nulis ttg mimpi semalam. semalam aku mimpi sesuatu.. yang sampai sekarang masih terpikirkan olehku. padahal biasanya kalau saya mimpi bangun tidur udah lupa mimpi apa tadi.

Tapi kali ini gak seperti biasanya.. mimpi ini selalu terbayang dan terpikirkan olehku.. apakah arti dari mimpi ini?

semalam aku mimpi ttg seorang temanku. aku tak tahu siapa dia. yang jelas aku berteman dengan dia. terus karena kejadian suatu hal.. temanku mau membunuhku. aku mencegahnya.. tapi aku tidak bisa menghalanginya. dan akhirnya perkelahianpun terjadi. kami bertengkar dengan hebat. akhirnya dia mengeluarkan pisau. saat dia mau menusukku. untungnya aku bisa menangkapnya dan mengambil pisaunya. dan seketika itu pula aku menusuk lengannya. berharap dia mau menghentikan ini. tapi tetap saja. dia terus memberontak dan mencoba menyerangku. lallu aku kembali menusuknya ke kakinya.. hingga dia terjatuh. meski pun dengan luka seperti itu, dia tetap saja berusaha menyerangku. dan hampir membunuhku. dan akhirnya aku terpaksa aku menusuk tepat di jantungnya... sehingga dia terkelepar jatuh penuh darah. dia masih hidup dan akan memenuhi ajalnya. seakan kesakitan dengan sangat. dan terus memakiku.. aku tak tahan dan akhirnya aku tusuk lagi dia hingga dia meninggal.

apa sebenarnya arti dari mimpiku ini?

Jumat, Juli 24, 2009

Do'a Sholat istikharah

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku atau -Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: …di dunia atau akhirat- sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”


Kamis, Juli 23, 2009

Keutamaan Bulan Sya’ban

Rasulullah saw bersabda: “…Bulan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku…”(Mafatihul Jinan, bab 2, Sya’ban)
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: Ketika bulan Sya’ban tiba Ali Zainal Abidin (sa) mengumpulkan para sahabatnya kemudian berkata: “Wahai sahabat-sahabatku, tahukah kamu bulan apakah ini? Bulan ini adalah bulan Sya’ban, Nabi saw bersabda: ‘Bulan Sya’ban adalah bulanku, berpuasalah kamu di bulan ini karena cinta kepada Nabimu dan mendekatkan diri kepada Tuhanmu’.
Aku bersumpah, demi Zat yang diriku dalam kekuasaan-Nya, sungguh aku mendengar ayahku Al-Husein (sa) berkata: ‘Aku mendengar Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib (as) berkata: ‘Barangsiapa yang berpuasa di bulan Sya’ban karena cinta kepada Rasulullah saw dan mendekatkan diri kepada Allah, Dia mendekatkannya pada kemuliaan-Nya pada hari kiamat dan mewajibkan baginya surga’.” (Mafatihul Jinan, bab 2, Sya’ban)
Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan Allah. Barangsiapa yang berpuasa satu hari, maka wajib baginya surga. Barangsiapa yang dua hari, maka ia akan menjadi sahabat para nabi dan shiddiqin pada hari kiamat. Barangsiapa yang berpuasa penuh satu bulan dan bersambung dengan bulan Ramadhan, maka dosa-dosa diampuni, dosa kecil maupun dosa besarnya walaupun ia berasal dari darah haram.” Hadis ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) dari ayahnya dari bapak-bapaknya dari Imam Ali bin Abi Thalib (sa).(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 55)

Sya’ban Ibnu Abbas berkata: Para sahabat menyebut-nyebut keutamaan bulan Sya’ban di dekat Rasulullah saw. Lalu beliau bersabda: “Bulan Sya’ban adalah bulan yang mulia, Sya’ban adalah bulanku. Malaikat pemikul arasy mengagungkannya dan mereka mengenal haknya. Sya’ban adalah bulan yang di dalamnya rizki kaum mukminin ditambah. Di dalamnya amal kebajikan dilipatgandakan tujuh puluh kali, keburukan dihapuskan, dosa-dosa diampuni, dan kebajikan diterima. Di dalamnya Allah azza wa jalla membanggakan hamba-hamba-Nya, memandangi mereka yang berpuasa dan melakukan qiyamul layl, lalu Dia membanggakan amal mereka pada para malaikat pemikul arasy.”
Kemudian Ali bin Abi Thalib (sa) berdiri dan berkata: “Demi ayahku dan ibuku, ya Rasulullah! Tolong jelaskan pada kami tentang keutamaannya, agar menambah semangat kami untuk berpuasa dan qiyamul layl, agar kami lebih bersungguh-sungguh di dalamnya.”
Maka Rasulullah saw bersabda: “
Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Sya’ban, Allah mencatat baginya tujuh puluh kebajikan berbanding dengan ibadah satu tahun. Barangsiapa yang berpuasa dua hari di bulan Sya’ban, Dia akan menghapus keburukannya yang lalu. Barangsiapa yang berpuasa tiga hari di bulan Sya’ban, Dia akan mengangkat baginya tujuh puluh derajat di surga yang terdiri dari mutiara dan permata merah. Barangsiapa yang berpuasa empat hari di bulan Sya’ban, Dia akan meluaskan rizkinya. Barangsiapa yang berpuasa lima hari di bulan Sya’ban, Dia mencintai hamba-hamba-Nya. Barangsiapa yang berpuasa enam hari di bulan Sya’ban, Dia akan menyelamatkannya dari tujuh puluh macam bala’. Barangsiapa yang berpuasa tujuh hari di bulan Sya’ban, Dia akan menjaganya dari iblis dan para pasukannya dalam masa dan usianya. Barangsiapa yang berpuasa delapan hari di bulan Sya’ban, ia tidak akan keluar dari dunia kecuali ia diberi minuman dari telaga kesucian. Barangsiapa yang berpuasa sembilan hari di bulan Sya’ban, ia akan dikasihani oleh malaikat Munkar dan Nakir saat keduanya mengajukan pertanyaan padanya. Barangsiapa yang berpuasa 10 hari di bulan Sya’ban, Allah akan meluaskan kuburnya tujuh puluh hasta. Barangsiapa yang berpuasa 11 hari di bulan Sya’ban, Dia akan memancarkan sebelas cahaya pada kuburnya. Barangsiapa yang berpuasa 12 hari di bulan Sya’ban, ia akan dikunjungi kuburnya oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai sangkakala ditiupkan (hari kiamat). Barangsiapa yang berpuasa 13 hari di bulan Sya’ban, tujuh malaikat langit akan memohonkan ampuanan baginya. Barangsiapa yang berpuasa 14 hari di bulan Sya’ban, semua binatang melata, binatang buas dan makhluk hidup di lautan akan memohonkan ampunan baginya. Barangsiapa yang berpuasa 15 hari di bulan Sya’ban, Tuhan Yang Mulia akan berseru untuknya: Janganlah ia dibakar dengan api neraka. Barangsiapa yang berpuasa 16 hari di bulan Sya’ban, tujuh puluhan lautan akan memadamkan api darinya. Barangsiapa yang berpuasa 17 hari di bulan Sya’ban, semua pintu neraka akan ditutup baginya. Barangsiapa yang berpuasa 18 hari di bulan Sya’ban, semua pintu surga akan dibukakan baginya. Barangsiapa yang berpuasa 19 hari di bulan Sya’ban, akan dikaruniakan padanya tujuh puluh ribu istana di surga yang terdiri dari mutiara dan permata merah. Barangsiapa yang berpuasa 20 hari di bulan Sya’ban, ia akan diberi tujuh puluh ribu pasangan bidadari. Barangsiapa yang berpuasa 21 hari di bulan Sya’ban, para malaikat akan mengucapkan selamat datang dan mengusap-ngusapkan sayapnya padanya. Barangsiapa yang berpuasa 22 hari di bulan Sya’ban, ia akan dianugerahi tujuh puluh pakaian dari sutera yang halus dan sutera yang tebal. Barangsiapa yang berpuasa 23 hari di bulan Sya’ban, maka saat ia keluar dari kuburnya datanglah padanya binatang melata dari cahaya, lalu ia menaikinya dan terbang menuju ke surga. Barangsiapa yang berpuasa 24 hari di bulan Sya’ban, ia akan diselamatkan dari kemunafikan. Barangsiapa yang berpuasa 25 hari di bulan Sya’ban, ia akan diberi syafaat oleh tujuh puluh ribu ahli tauhid. Barangsiapa yang berpuasa 26 hari di bulan Sya’ban, Allah mencatatnya sebagai orang yang selamat saat melintasi shirathal mustaqim. Barangsiapa yang berpuasa 27 hari di bulan Sya’ban, Allah mencatatnya sebagai orang yang diselamatkan dari neraka. Barangsiapa yang berpuasa 28 hari di bulan Sya’ban, wajahnya akan seperti bulan purnama pada hari kiamat. Barangsiapa yang berpuasa 29 hari di bulan Sya’ban, ia akan memperoleh ridha Allah Yang Maha Agung. Barangsiapa yang berpuasa 30 hari di bulan Sya’ban, ia akan dipanggil oleh malaikat Jibril dari bawah Arasy: Inilah amal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, inilah amal yang baru, dosa-dosamu diampuni yang lalu dan mendatang, Allah Yang Maha Agung dan Maha Mulia berfirman: “Sekiranya dosa-dosamu sebanyak jumlah bintang-bintang di langit, sebanyak tetesan hujan dan daun-daun pepohonan, butiran pasir dan sebanyak jumlah hari di dunia, niscaya Dia mengampunimu. Itulah karunia yang kemuliaan dari Allah setelah kamu berpuasa di bulan Sya’ban.” Hadis ini bersumber dari Muhammad bin Ahmad Al-Ma’adi, dari Muhammad bin Al-Husein, dari Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali, dari Al-Hasan bin Al-Hasan bin Muhammad dari ayahnya, dari Yahya bin Abbas, dari Ali bin ‘Ashim Al-Wasithi, dari Atha’ bin Saib, dari Said bin Jubair dari Ibnu Abbas.(Asyhur Ats-Tsalatsah: 47-49)
Rasululah saw Aisyah berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw berpuasa lebih banyak di bulan yang lain daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” Hadis ini bersumber dari Sufyan Ats-Tsauri dari Shafwan bin Sulaiman dari Aisyah isteri Nabi saw. Hadis yang semakna juga bersumber dari Malik bin Anas dan Umar bin Harits dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Aisyah isteri Nabi saw(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 66)
Umar bin Hamer berkata: “Sesungguhnya puasa Nabi saw di bulan Sya’ban bersambung dengan puasa bulan Ramadhan.” Riwayat ini bersumber dari Ali bin Azhar Al-Ahwazi dari Fadhel bin ‘Iyadh dari Layts dari Nafi’ dari Umar bin Hamer.(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 66)
Yunus bin Ya’qub pernah bertanya kepada Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) tentang puasa di bulan Sya’ban: Apakah salah seorang dari bapak-bapakmu berpuasa di bulan Sya’ban? Beliau berkata: “Bapak-bapakku yang terbaik adalah Rasulullah saw, beliau paling banyak berpuasa di bulan Sya’ban.”(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 51)
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Puasa di bulan Ramadhan adalah simpanan bagi seorang hamba untuk hari kiamat. Tidak ada seorangpun yang banyak berpuasa di bulan Sya’ban, kecuali Allah memperbaiki urusan penghidupannya, melindunginya dari keburukan musuhnya. Dan yang paling sedikit adalah orang yang berpuasa satu hari di bulan Sya’ban, wajib baginya surga.”(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 44)
Puasa dan Syafaat Rasulullah saw Rasulullah saw bersabda: “Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan Allah. Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulanku maka aku pemberi syafaat baginya di hari kiamat. Barangsiapa yang berpuasa dua hari di bulan Allah, maka Allah mengampuni dosa yang lalu dan yang mendatang. Barangsiapa yang berpuasa tiga hari, maka dikatakan padanya: ia telah melakukan amal yang sebelumnya belum pernah dilakukan…” Hadis ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) dari ayahnya dari bapak-bapaknya dari Imam Ali bin Abi Thalib (sa). (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 44)
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang berpuasa tiga hari di bulan Sya’ban, maka wajib baginya surga, dan Rasulullah saw pemberi syafaat baginya pada hari kiamat.” (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 61)
Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan Allah azza wa jalla. Barangsiapa yang berpuasa di bulanku, aku pemberi syafaat baginya pada hari kiamat. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Allah azza wa jalla, Allah akan menghibur kesepiannya di kuburnya, menyambungkan kesendiriannya, ia akan keluar dari kuburnya dengan wajahnya seperti bulan purnama, menerima catatan amalnya dengan tangan kanannya…” Hadis ini bersumber dari Muhammad bin Ahmad bin Ali Al-Hamdani, dari Al-Hasan bin Ali, Ali Asy-Syami, dari Abdullah dari Khuzaimi dari Dhahhak dari Imam Ali bin Abi Thalib (sa).(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 64)
Puasa dan Rahmat Allah Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata: “Barangsiapa yang berpuasa hari pertama bulan Sya’ban, wajib baginya rahmat Allah. Barangsiapa yang berpuasa dua hari di bulan Sya’ban, wajib baginya rahmat dan maghfirah serta karamah dari Allah azza wa jalla pada hari kiamat. Barangsiapa yang di bulan Ramadhan, wajib baginya rahmat Allah. Barangsiapa yang berpuasa tiga hari dari akhir bulan Sya’ban dan bersambung dengan puasa bulan Ramadhan, Allah mencatat baginya seperti berpuasa dua bulan berturut-turut. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan melakukan qiyamul layl, maka ia seperti hari dilahirkan oleh ibunya.”(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 52)
Istighfar dan Pengampunan Imam Ali Ar-Ridha (as) berkata: “Barangsiapa yang beristighfar kepada Allah swt tujuh puluh kali di bulan Sya’ban, Allah akan mengampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak jumlah bintang-bintang.” Riwayat ini bersumber dari Ahmad bin Muhammad Al-Hamdani, dari Ali bin Al-Hasan bin Ali bin Fadhal dari ayahnya, dia mendengar dari Imam Ali Ar-Ridha (sa). Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Puasa di bulan Sya’ban adalah penghapus dosa-dosa besar, sehingga sekiranya seseorang dibesarkan dari darah haram lalu ia berpuasa beberapa hari di bulan Sya’ban lalu mati, maka ia diampuni.” Kemudian seseorang bertanya: Doa apakah yang paling utama di bulan ini? Beliau berkata: “Istighfar, sesungguhnya orang yang beristighfar di bulan Sya’ban tujuh puluh kali setiap hari, seperti orang yang beristighfar tujuh puluh ribu kali di bulan yang lain. Lalu ditanyai lagi: bagaimana cara aku beristighfar? Beliau berkata: “Astaghfirullâha wa as-aluhut tawbah.” (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 56)
Malam Nishfu Sya’ban Ayah Ali bin Fadhal berkata: Aku pernah bertanya kepada Imam Ali Ar-Ridha (sa) tentang malam Nishfu Sya’ban. Beliau berkata: “Malam Nishfu Sya’ban adalah malam Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka dan mengampuni dosa-dosa.” Aku bertanya lagi: Apakah sebaiknya memperbanyak shalat sunnah di dalamnya lebih dari malam-malan yang lain? Beliau berkata: “Di dalamnya tidak ada sesuatu yang harus menjadi beban, tetapi jika kamu ingin melakukan sesuatu, maka hendaknya melakukan shalat Ja’far Ath-Thayyar (shalat tasbih). Dan Perbanyaklah di dalamnya zikir kepada Allah azza wa jalla, istighfar dan doa. Karena ayahku berkata: ‘Doa di dalamnya mustajabah.”(Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 45)
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Ali bin Abi Thalib (sa) benar-benar mengosongkan dirinya pada empat malam dalam satu tahun: Malam pertama bulan Rajab, malam Idul Adhha, malam Idul Fitri, dan malam nishfu Sya’ban.” Hadis ini bersumber dari Ahmad bin Idris dari Muhammad bin Yahya, dari Abu Ja’far Ahmad bin Abdullah dari ayahnya, dari Wahhab bin Wahhab, dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa). (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 46)
Shalat sunnah Aisyah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: Pada malam ini (malam nishfu Sya’ban) kekasihku Jibril datang padaku dan berkata: wahai Muhammad, perintahkan pada umatmu jika telah datang malam nishfu Sya’ban, hendaknya salah seorang dari mereka melakukan shalat sepuluh rakaat, setiap rakaat membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlash (10 kali). Kemudian sujud sambil membaca: اللهم لك سجد سوادي و جناني و بياضي يا عظيم كل عظيم اغفر ذنبي العظيم و إنه لا يغفر غيرك يا عظيم Jika ia telah melakukannya, Allah menghapus tujuh puluh dua ribu keburukannya, mencatat baginya tujuh puluh dua ribu kebaikan, dan menghapus tujuh puluh ribu keburukan kedua orang tuanya.” (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 65)WassalamGuslies

Aaargh

Ya Allah....
Bebaskanlah diriku ini....

Selasa, Juli 14, 2009

Java Script : Disable semua element di dalam Div

kadang kita pengen untuk mendisablekan semua element yang ada di dalam div. caranya bisa memakai java script yang sederhana seperti ini

function setDisable(element,val) {
try {
element.disabled = val;
}
catch(E){
}
if (element.childNodes && element.childNodes.length > 0) {
for (var x = 0; x < element.childNodes.length; x++) {
setDisable(element.childNodes[x],val);
}
}
}

cara memanggilnya hanya dengan

setEnable(document.getElementById("nrm"),true);

Kamis, Juli 09, 2009

...

Ya alah....
Tenangkanlah hati kami yang tak tenang ini
Berikan kedamaian di dalam hati kami
Di dalam bulan rajab mu yang penuh berkah ini





Jumat, Juni 26, 2009

Menulis huruf Arab di windows

Sekedar berbagi saja. kali ini bagaimana cara menginstal font arab di windows. yang nantinya bisa di pakai utuk nulis di office dan lain-lain. installernya sebernarnya sudah ada di CD windowsnya. tinggal perlu kita aktifkan saja. caranya seperti ini

  • Buka Control Panel lalu pilih Regional And Language Options
  • Akan terbuka sebuah window tampilannya seperti ini





  • Pilih tab Language seperti tampilan di atas
  • lalu centang pilihan "install files forcomplex script and right to left language"
  • Lalu klik Apply. sistem akan menginstall font arabic dan masukkan CD windows jika nanti diminta :)
  • Setelah selesai masih pada windows yang sama. dan tab yang sama . klik tombol Details
  • akan tampil window baru seperti ini
  • klik tombol add untuk menambahkan jenis keyboard baru. pilihlah input language arabic dan keyboard layout arabic juga
  • lalu klik OK.
  • setelah selesai secara sistem font arabic sudah terinstal. sekarang cara menggunakannya tinggal tekan tombol shif dan alt sebelah kiri secara bersamaan. ini akan merubah tipe keyboard secara bergantian dari arabic dan lainnya.
  • atau bisa juga dengan mengaktifkan language bar di desktop. dengan cara pada window diatas tadi. klik tombol language bar pada kelompok preferences. centang pilihan "show the language bar on the desktop"
  • trus klik OK.
  • language bar akan tampil pada sebelah kanan bawah. cara menggunakannya tinggal klik dan pilih keyboard layout yang anda pilih.
  • Layout keyboard arabic dan biasanya berbeda. berikut layout keyboard arabic


Rabu, Juni 10, 2009

Mikiro ing waktu isuk, Kerjo ing waktu awan, Mangan ing waktu sore, Turu ing waktu bengi

Mikiro ing waktu isuk (Beripikirlah pada waktu pagi) , memiliki arti teruslah belajar waktu kamu masih kecil. karena belajar saat kecil seperti mengukir di sebuah batu. akan terus terjaga ilmunya. belajarlah ilmu agama waktu kecil agar bisa memberikan tuntunan waktu dewasa nanti

Kerjo ing waktu awan(Bekerjalah di waktu siang), memiliki arti bekerjalah saat dewasa. mencari nafkah untuk dirimu dan keluarga. melaksanakan ilmu yang di dapat. dan mengajarkannya.

Mangan ing waktu sore(Makan di waktu sore), memiliki arti setelah waktu tua. tinggal menikmati hasil jerih payah kita. makanlah sepuasnya. tenang menikmati hidup dan kedekatan dengannya

Turu ing waktu bengi(Tidur waktu malam), memiliki arti saat meninggal akan bisa meninggal dengan tenang. insya'allah.

Kata bijak ini memiliki arti. manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya. waktu seperti pedang. jika tidak pandai menggunakan pedang. kamu akan terluka sendiri. manfaatkanlah baik-baik waktu itu. atau akan menyesal nanti.

Waktu muda adalah waktu yang sangat berharga. belajarlah, bekerjalah, manfa'atkanlah untuk bekal di hari tuamu.

Masa muda cuma sekali saja, jangan digunakan untuk foya-foya, ketahuilah sesudah tua nanti kamu tidak akan muda lagi.

waktu muda waktu sangat riskan, jaga diri dan pergaulan, jangan sampai kau salah pergaulan akibatnya hanya menimbulkan penyesalan.

pemuda singsingkanlah lengan baju, demi untuk menyongsong masa depanmu, belajar dan bekerjalah yang giat. biar tidak jadi sasaran nasehat.

Doa Amarah

Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang diakibatkan kemarahan, ada baiknya Anda segera berdo’a untuk mengatasi gejolak emosi yang sering berbalik mengendalikan diri kita.

Rasulullah Saw bersabda, ”Allah telah mewahyukan kepada salah seorang Nabi di antara nabi-nabi-Nya: “Wahai keturunan Adam! Berdzikirlah kepada-Ku pada saat engkau marah niscaya Aku akan mengingatmu di saat Aku marah dan Aku tidak akan membinasakanmu di antara orang-orang yang Aku binasakan” (Mizan al-Hikmah 3 : 424)

Di dalam kitab-kitab yang ditulis para alim mazhab Ahlul Bait banyak sekali do’a-do’a yang berfungsi untuk mengatasi kemarahan. Saya hanya mengutip 2 buah do’a yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Al-Hasan ibn Fadhlin al-Thabarsiy di dalam Kitab yang disusunnya, Makarim al-Akhlaq meriwayatkan sebuah hadits dari Imam al-Shadiq as, bahwa beliau telah berkata, ‘Ucapkanlah do’a ini ketika (Anda sedang dilanda amarah) :

“Allahumma adzHib ‘annii ghaizha qalbi
waghfirlii dzanbii, wa ajirnii min madhaalaatil fitan.
As-alukabi ridhaaka, wa a’udzubika min sakhathika.
As-aluka jannatuka wa a’udzubika min naarika.
As-aluka al-khayr kullahu wa a’udzubika min syarri kullihi.
Allahumma tsabitnii ‘alal hudaa wash-shawaab,
waj ‘alnii raadhiyan mardhiyyan ghairo dhallan
wa laa mudhillan. Shallii ‘alan Nabiyi wa aalihi.”

Artinya : “Ya Allah, hilangkan dariku hati yang suka marah dan ampunilah dosa-dosaku dan jauhkanlah aku dari fitnah yang menyesatkan. Aku memohon kepada-Mu ridha-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu, dan aku memohon kepada-Mu akan surga-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka-Mu. Aku memohon kepada-Mu akan segala kebaikan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan dan kejahatan. Ya Allah, teguhkanlah aku dalam petunjuk dan kebenaran. Dan jadikanlah aku orang yang ridha akan (qadla dan qadar-Mu) dan diridhai (oleh-Mu), bukan orang yang sesat dan disesatkan. Kesejahteraan kiranya atas Nabi (Muhammad) dan keluarganya”

Atau do’a yang singkat :

“Allahummaghfir dzanbii wa adzHib ghaizha qalbi
wa ajirnii minasy syaithaanir rajiim,
wa laa hawla wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim”
(Mustadrak al-Wasail 12 : 15)

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan hilangkan dariku hati yang suka marah dan jauhkanlah aku dari syaithan yang dirajam. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali karena pertolongan dari Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung”

Apabila berhadapan dengan orang yang panas hati atau pemarah. ada beberapa cara yang perlu di ambil

Pertama, Kita perlu lakukan dengan penuh kesabaran dan menegur secara berhikmah dan bukan dengan amarah juga.

Kedua, Jika sukar atau tidak sampai hati menegurnya, gunakan orang tengah sebagai jalan penyelesaian. Orang tengah yang dipilih itu harus bisa dipercayai, adil, dihormati masyarakat dan yakin bahwa dengan cara penyampaian orang tengah itu adalah benar dan kena caranya sehingga orang tersebut tidak menyalahkan kita nanti.

Ketiga, Di samping itu berdoa kepada Illahi dengan penuh kesabaran dan tanpa rasa jemu agar orang yang ditegur menjadi tenang hatinya, Insya Allah. Bacalah Surah Ali-Imran, ayat 83 di bawah ini:



Maksudnya: "Apakah selain daripada agama Allah mereka cari, dan baginya, menyerahlah sesiapa yang di langit dan yang di bumi, secara sukarela dan terpaksa dan kepada-Nya jua mereka dikembalikan."

Ayat tersebut hendaklah dibaca sebanyak 1,000 kali sehari. Apabila hendak digunakan baca tiga kali dan tiup kepada orang yang berkenaan atau ditiupkan ke dalam air untuk diminum oleh orang tersebut. Insyaallah, berkat doa dan air itu akan lembut hatinya.

Jumat, Juni 05, 2009

Curhat aja

Today is Friday. time goes too fast. i am very tired and bored in this office. if there is a job in Tuban. i'll love it. :). home sweet home, hehehehe... right now i'm alone in this room. all of my friend go to RSI. i don't know what's for. :D.

Tomorrow i wanna go home. i miss my family. i hear that my grand mother will be operate in her eyes. i hope she will be ok. Amiin. :). oh yeach... i need to buy some snack for my little sister.. :). she love it.

About a gift. i remember with my friend. it's happen when i go to malaysia. when the time we will go home. all of us buy some gift for our family. one of my friend want to buy a robot with remote control. he said he want give it for his little nephew. in my mind he is a good boy. he want buy an expensive toy for his nephew. :). then i help him to choose..

After a long time we choose the best robot for him. then it's the time for pay it. one of my friend ask him.
friend1 : this robot is for which nephew?
the guy: it's for my nephew in singapure.
friend1 : did you mean a nephew was born last week?
the guy : yes.
friend1 :what ??? why you buy a robot. she should not understand and can't play with it. you should buy for a baby. or maybe it's you who want to play the robot?
all of my friend laugh together.. and then he didn't buy it.

Senin, Juni 01, 2009

Situs jejaring pertemanan, tidak haram.

Setelah melalui perdebatan panjang antar para santri dan kiai se Jawa-Madura, akhirnya diputuskan pengunaan situs jejaring pertemanan seperti Facebook dan Friendster, tidak haram. Malahan penggunaan jejaring sosial itu dianjurkan.

“Penggunaan facebook dan jejaring lainnya dengan sarana internet dan handphone (HP) tidak dilarang, bahkan dianjurkan, ” kata Kiai Abdul Manan, perumus soal hukum dari jejaring sosial, saat ditemui di Ponpes Al-Falah, Ploso, Mojo, Kamis (28/5).

Keputusan itu, imbuh Abdul Manan, diperoleh dari musyawarah yang berjalan sangat alot karena banyak sekali pendapat yang berbeda serta memakan waktu yang lama pula. “Memang segala keputusan itu selalu menuai pro dan kontra. Namun setelah kita bicarakan berulang-ulang, akhirnya menemukan kesepakatan bersama,” tandas Abdul Manan.



Ketika ditanya alasannya, Abdul Manan menunjukkan dalil dalam Al-Qur’an yaitu, surat Al-Hujurot ayat 13. Artinya, sebagai umat dibagi dalam 2 kelompok laki-laki dan perempuan, terpisah di berbegai daerah, lokal, antar negara dan suku, dianjurkan untuk saling mengenal.

“Namun, poin terakhir adalah segala sesuatu diukur dengan ketaqwaan dengan Allah, hubungan dia dengan Tuhannya. Jika penggunaan facebook, 3G, frienster, dan chatting itu untuk hal negatif dan melanggar syarak, tegas Abdul Manan, tentu saja dilarang,” tandas Abdul Manan. [beritajatim/bar]


Rabu, Mei 20, 2009

Building RCP Eclipse

mau nulis pake bahasa indonesia aja dech... capek pake ingris :D. hehehe... di buat variasi aja :D. kali ini saya mau nulis gimana cara buat RCP pada eclipse. kita bisa membuat sebuah aplikasi dengan memanfaatkan plugin-plugin yang di sediakan eclipse.

cara membuat nya sbb :

- yang perlu di siapkan pertama adalah eclipsnya. download eclipse versi RCP "Eclipse for RCP/Plug-in Developers".

-Setelah itu ekstrak dan jalankan eclipse

- pilih menu File-> New Project. dari list pilih "Plug-In Project".

- berikan nama sesuka anda terus klik next


- pastikan ada memilih yes pada pilihan Rich Client application



- terus pilih aja helloWorld untuk coba-coba aja



- abis itu udah klik2 next aja terus

- setelah selesai. akan ada satu project baru. project RCP kita :D.

- untuk menjalankan project buka file plugin.xml atau manifest.imf. pada tab overview klik launch an eclipse aplication. atau bisa klik kanan pada plugin.xml terus run as -> eclipse aplication

- seharunya jadinya seperti ini



Kamis, Mei 14, 2009

Developing WebService using Netbeans

Creating webservice using netbeans is very simple an easy. for my documentation only.. this is step by step creating webservice
  • Create your web aplication project by select File->New Project. and then choose Web Aplication
  • after you create your web aplication. you can add web service to your web aplication by select File->New File. and then choose Web Service.
  • give name for your web service and package. and then finish
  • Open your WebService in WebServices Directory.
  • in the design view you can add your method and in the code view you can code your own code :D.
  • then undeploy & deploy your web aplication
  • you can test your webservice by select your web service. then right click, choose Test WebService.
  • Finish :D.




Jumat, Mei 08, 2009

Titi Kamal ft Anji Drive - Resah Tanpamu

sayang aku tahu
kita tak banyak bicara
kau jauh disana
ku menyimpan tanya

sayang aku tahu
kita tak banyak bertemu
namun hanya kamu
yang ada di hati

reff:
jangan sampai kau lukai hatiku
aku resah lalui waktu tanpamu
jangan sampai kau ragukan cintaku
aku takkan membuatmu terluka
meragu… percayalah…

sayang aku mau kita
‘kan slalu menyatu
walau kadang rindu
menyiksa batinku

sayang aku mau
jangan pernah kau meragu
walau aku jauh
hatiku untukmu

jangan sampai kau ragukan cintaku
aku takkan membuatmu terluka
meragu… percayalah…

repeat reff [4x]




Kamis, Mei 07, 2009

Tuban ( why called tuban ?)

Raden Parah was the son of the king of majapahit. his father give him a a forest name Glagahwangi. Raden patah make the forest to be came kadipaten(governor). known as Kadipaten Demak Bintara. Kadipaten demak become much bigger, some of kadipaten join with him. Raden patah also get support from wali songo. so kadipaten demak become bigger and then became a kingdom.

some of time. Raden patah hear thah majapahit was attacked by Giriwardhana from daha kingdom. his father who was the king of majapahit was run away. Raden patah become angry, then he attack Giriwardhana. wali songo also supported his decision. Raden patah can easily defeat Giriwardhana.

Raden Patah collect all the valuable objects and sacred objects in the Majapahit brought to Demak. all objects have been bring it to the train. except 2 large living stone. Then ask Raden patah to his guardian "I want to carry two stones also, consider who is able to bring these two stones?". "Sorry Raden certainly we can not able to bring the two miles to the Demak, Demak to travel so far" said wali songo. Let ask two crane to help us.

Sorry crane! we need your help to bring these two stones to Demak. i hope you can help us. God certainly will record the deed charity, said wali songo. Wali songo also told the two soldiers laying stone on the back crane. The two birds fly immediately to the Demak Bintara.

when they come on the field. The rancher saw two bird bring the stone in his back."hey look it over! have two tails crane that strange." "Yes, the flight is very slow like a turtle" said of another rancher.

The crane are angry, and immediately try to fly faster. but the result is not to fast but both wings are tired. then they fall like a rocket because fatigue. Then finally they throw the stone, in his back so that they didn't fall.When the rock fell, the shepherd cried "Watu Tiban (rock fall)! Tiban Watu". The cry of the shepherd is heard many people, so that events are spread and where to go into a lot of people talking. Watu Tiban can be in short tu-ban, and finally the place called TUBAN

The two stone who became legend was still exist. in the stone there is a hand writing said "1400 saka", and it is still store in the museum kambang putih. not far from the Alun-Alun Tuban city and the Sunan Bonang.

Rabu, Mei 06, 2009

Ya Allahj

Ya allah,
hamba mengadu lagi di hadapan engkau
hanya engkau tempatku mengadu
tolonglah hambamu ini ya rachman

jangan engkau bawa pergi
jangan engkau pisahkan
kembalikanlah seperti dulu lagi
di saat tertawa riang

Ya Rabbi
Ampunilah hamba
Tolonglah hamba
Hamba hanya bisa berharap kepada engkau




Kamis, April 23, 2009

Maven Proxy

if your company have a proxy to connect internet. you need to modify your maven repository. so you can get repository from internet.

to add proxy in your maven you need to edit file settings.xml in your maven directory. add this code in settings.xml




<proxies>
<proxy>
<active>true</active>
<protocol>http</protocol>
<host>192.168.0.118</host>
<port>4001</port>
</proxy>
</proxies>





Selasa, April 14, 2009

Create war or ear File with eclipse

i didn't realize it before. that create war or ear wih eclipse is easy :D. you just choose menu file and then export. then choose war or ear. finish :D. 

What a boring jobs

day by day
always a boring day
what must i do today?
always same like yesterday

no jobs to do
nothing must i do
now what will i do?
i don't know what will i do

What a boring jobs
What a boring work
What a perfect pain
What a perfect day

Senin, April 13, 2009

Top 10 Myths About Islam

Islam is a widely-misunderstood religion. Those who are unfamiliar with the faith often have misunderstandings about its teachings and practices. Common misconceptions include that Muslims worship a moon-god, that Islam is oppressive against women, or that Islam is a faith that promotes violence. Here we bust these myths and expose the true teachings of Islam.

1. Muslims worship a moon-god
Some non-Muslims mistakenly believe that Allah is an "Arab god," a "moon god," or some sort of idol. Allah is the proper name of the One True God, in the Arabic language. The most fundamental belief that a Muslim has is that "There is only One God," the Creator, the Sustainer -- known in the Arabic language and by Muslims as Allah. Arabic-speaking Christians use the same word for the Almighty.

2. Muslims don't believe in Jesus
In the Qur'an, stories about the life and teachings of Jesus Christ (called 'Isa in Arabic) are abundant. The Qur'an recalls his miraculous birth, his teachings, and the miracles he performed by God's permission. There is even a chapter of the Qur'an named after his mother, Mary (Miriam in Arabic). However, Muslims believe that Jesus was a fully human prophet and not in any way divine himself.

3. Most Muslims are Arabs
While Islam is often associated with Arabs, they make up only 15% of the world's Muslim population. The country with the largest population of Muslims is Indonesia. Muslims make up 1/5 of the world's population, with large numbers found in Asia (69%), Africa (27%), Europe (3%) and other parts of the world.

4. Islam oppresses women
Most of the ill-treatment that women receive in the Muslim world is based on local culture and traditions, without any basis in the faith of Islam. In fact, practices such as forced marriage, spousal abuse, and restricted movement directly contradict Islamic law governing family behavior and personal freedom.

5. Muslims are violent, terrorist extremists
Terrorism cannot be justified under any valid interpretation of the Islamic faith. The entire Qur'an, taken as a complete text, gives a message of hope, faith, and peace to a faith community of one billion people. The overwhelming message is that peace is to be found through faith in God, and justice among fellow human beings. Muslim leaders and scholars do speak out against terrorism in all its forms, and offer explanations of misinterpreted or twisted teachings.

6. Islam is intolerant of other faiths
Throughout the Qur'an, Muslims are reminded that they are not the only ones who worship God. Jews and Christians are called "People of the Book," meaning people who have received previous revelations from the One Almighty God that we all worship. The Qur'an also commands Muslims to protect from harm not only mosques, but also monasteries, synagogues, and churches -- because "God is worshipped therein."

7. Islam promotes "jihad" to spread Islam by the sword and kill all unbelievers
The word Jihad stems from an Arabic word which means "to strive." Other related words include "effort," "labor," and "fatigue." Essentially Jihad is an effort to practice religion in the face of oppression and persecution. The effort may come in fighting the evil in your own heart, or in standing up to a dictator. Military effort is included as an option, but as a last resort and not "to spread Islam by the sword."

8. The Quran was written by Muhammad and copied from Christian and Jewish sources
The Qur'an was revealed to the Prophet Muhammad over a period of two decades, calling people to worship One Almighty God and to live their lives according to this faith. The Qur'an contains stories of Biblical prophets, because these prophets also preached the message of God. Stories are not merely copied, but the oral traditions are referred to in a way that focuses on the examples and teachings that we can learn from them.

9. Islamic prayer is just a ritualized performance with no heartfelt meaning
Prayer is a time to stand before God and express faith, give thanks for blessings, and seek guidance and forgiveness. During Islamic prayer, one is modest, submissive and respectful to God. By bowing and prostrating ourselves to the ground, we express our utmost humility before the Almighty.

10. The crescent moon is a universal symbol of Islam
The early Muslim community did not really have a symbol. During the time of the Prophet Muhammad, Islamic caravans and armies flew simple solid-colored flags (generally black, green, or white) for identification purposes. The crescent moon and star symbol actually pre-dates Islam by several thousand years, and wasn't affiliated with Islam at all until the Ottoman Empire placed it on their flag.


Java : Send email with attachment

sometime we need to add attachment in our mail. in java we can MimeMessageHelper to add attachment in our mail.. this is the example code.


JavaMailSenderImpl sender = new JavaMailSenderImpl();
sender.setHost("mail.host.com");

MimeMessage message = sender.createMimeMessage();

// use the true flag to indicate you need a multipart message
MimeMessageHelper helper = new MimeMessageHelper(message, true);
helper.setTo("test@host.com");

helper.setText("Check out this image!");

// let's attach the infamous windows Sample file (this time copied to c:/)
FileSystemResource file = new FileSystemResource(new File("c:/Sample.jpg"));
helper.addAttachment("CoolImage.jpg", file);

sender.send(message);

Without You

Without You
Same Same feat Audy

The first time I saw you… I knew
I knew I love you coz my heart stopped
Saat pertama bertemu ku tahu jantungku terhenti kar’na cinta
Reff: Cause I la la la la la la la la la la la la love you
Love can make you feel so funny
No house no car not even money
Will make me feel the way
What I’m really trying to say I can’t live another day…
Without you… without you…

Saat pertama ku kecup, ku tahu kau milikku
Karena terhenti detak hatimu
The first time I kiss you I knew
I knew I had coz your heart stopped
Hanya cinta yang mampu begitu
Tiada di dunia yang dapat buatku merasa
Yang kucoba katakan tak dapat hidup tanpamu
Cause I la la la la la la la la la la la la love you
Cause I la la la la la la la la la la la la love you

Cause I la la la la la la la la la la la la love you

Cause I la la la la la la la la la la la la love you

La… la… la la la… la la la… la… la la la… la la la…

Selasa, April 07, 2009

Fork / Join in jBpm

what is fork / join ?. when i learn about jBpm i found this word. what is it? and what's for?

when you got a jobs. you can solved it easily if your job is small. but how if your job is too big and the time was not enough to do it by yourself? how will you do?

you can divide your jobs with your friend. it'll make your jobs easy to handle. right?

fork / join is used to divide the jobs or task in business process. in jBpm you can use this symbol to define fork and join




this is the example diagram implemented fork / join

from this diagram we can see that the process has divide into two proses left and right. 

Senin, April 06, 2009

Advice from Imam Ghazali

One day, Imam Al Ghozali gather with his students. Then Imam Al Ghozali ask to his students, "What's the most close to us in this world?". Students have said that parents, teachers, friends, and relatives. Imam Ghozali explain all the correct answers. But the most close to us is the "Dead". For the promise of Allah SWT is that every soul which will surely die.

Then Imam Ghozali forward to next question. "What's the most far from us in this world?". Students have said the country China, moon, sun, and stars. Then Imam Ghozali explain that all of the answers they give are correct. But the most correct is the "past". However, we, any of our vehicles, we still can not return to the past. Therefore we have to keep this day and the days that will come with the act in accordance with the teachings of Religion.

Then Imam Ghozali proceed with the third question. "What is the largest in the world?". Students said the largest is the mountains, the earth and the sun. All answers are correct said Imam Ghozali. But the greatest of which is in the world is "lust" (Al A'Raf 179). So we must be careful with our lust, not lust to take us to hell.


Fourth question is, "What's the most weight in the world?". There is a steel, iron, and elephants. All answer are correct, said Iimam Ghozali, but the most serious is the "hold Amanah" (Al-Ahzab 72). Plants, animals, mountains, and all the angels can not afford when they ask Allah SWT to be kalifah (leaders) in this world. But the man with the request sombongnya menyanggupi Allah SWT, so a lot of people go to hell because he can not hold amanahnya.

The fifth question is, "What's the most lightweight in the world?". There is a cotton, wind, dust, and foliage. All answer are correct, but the most lightweight in the world is "leaving the prayer." Because of the work we leave prayer, because of prayer meeting we leave. So to the six questions is, "What is most striking in this world?". Students replied with one voice, the sword ... Imam Ghozali said it is correct, but the most striking is the "tongue of men." Because with the tongue,he can easily harm other people and his own brother.


Open Source Business Process Management ( jBPM vs Open WFE vs Enhydra Shark )

Business Process Management(BPM) / Workflow management systems (WFMSs) are software systems which support the execution of business processes in an organisation. They take care of the distribution of work (and associated data) to the right people at the right time. They are configured based on (often graphical) process models. Similar to database management systems.

There is a lot of BPM in Java. But there is only three BPM who usually use. (jBPM, Open WFE and Enhydra Shark).

jBpm is a flexible, extensible workflow management system. Business processes , expressed in a simple and powerfull language and packaged in process archives, serve as input for the jBpm runtime server. jBpm bridges the gap between managers and developers by giving them a common language : the jBpm Process definition language (jPdl).

OpenWFE is an open source java workflow engine. It is a complete Business Process Management suite, with 4 components : an engine, a worklist, a webclient and a reactor (host for automatic agents). A python access library is available : your python application / client can interact with an OpenWFE REST worklist.


Shark is an extendable workflow engine framework including a standard implementation completely based on WfMC specifications using XPDL (without any proprietary extensions !) as its native workflow process definition format and the WfMC "ToolAgents" API for serverside execution of system activitie

If we compare those BPM. there is none of offerings stands out as being clearly superior to the others. although it can be argued that OpenWFE demonstrates a marginally wider range of features, whilst Enhydra Shark and jBPM clearly lag behind in terms of overall patterns support. OpenWFE tend to demonstrate broader pattern support in their corresponding tool classes (i.e. open source vs proprietary), especially in the control-flow perspective. Moreover, it can also be observed that the proprietary tools are generally better equipped in the resource perspective and better able to support interaction with the external environment, whereas the open source systems essentially rely on their users having programming experience (e.g.
Java) to achieve the required integration with other systems. In the data perspective jBPM, relying heavily on Java coding for data passing and manipulation, clearly lags behind the other offerings.

Overall one can conclude that the open source systems are geared more towards developers than business analysts. If one is proficient with Java, jBPM may be a good choice, although if not, choosing jBPM is less advisable. Similarly,
whilst OpenWFE has a powerful language for workflow specification in terms of its support for the workflow patterns, we postulate that it will be difficult to understand by non-programmers. Finally, Endydra Shark’s minimalistic support
for the workflow patterns may require complicated work-arounds for capturing nontrivial business scenarios. This situation is a marked contrast to the database field where open source database management systems are accessible to
a much broader audience.

Start Posting in English

start from today... i want to post using english. for all of you who read this blog and you feel wrong with my grammar or else.. please correct me. i want to learn english, especially writing in english :).

i hope, my english will be better :).

Minggu, April 05, 2009

Rp10rb untuk suaramu

Pemilu sudah bentar lagi. para caleg semakin ramai dan bersaing satu sama lain. tidak sedikit juga yang menhalalkan segala cara. seperti yang terjadi di daerah saya. tuban. ada seorang caleg dari golkar yang membayar warga untuk memilihnya... anehnya suara rakyat yang bisa menentukan arah kemana negeri ini berjalan hanya di hargai Rp10rb. ada pula caleg dari demokrat yang membayar para warga agar menyontrengnya.

rakyat pun senang dengan pemberian ini. mungkin Rp10rb bagi mereka adalah uang yang cukup besar. cukup untuk membuat dapur mereka tetap mengebul selama beberapa hari. mereka hanya sanggup berpikir untuk kehidupan sendiri. tidak sempat untuk memikirkan negeri ini. menghidupi diri saja susah...

beginikah kehidupan? beginikah demokrasi?




Jumat, April 03, 2009

JBPM :: Pengertian Table jBPM ( Definition )

ini nech pengertian atau fungsi tiap table dari database jBPM. bagian pertama dulu yach... (Definition) ntar masih ada lagi. yaitu Execution. perbedaanya Definition itu table2 yang di pake jBPM untuk menyimpan process definition ( Diagram ) ke dalam database.


JBPM Database
No Nama Table Keterangan
1
jbpm_action Menyimpan Informasi tentang kejadian pada process definition


id_ bigint NOT NULL, id table


"class" character(1) NOT NULL,


name_ character varying(255),


ispropagationallowed_ boolean,


actionexpression_ character varying(255),


isasync_ boolean,


referencedaction_ bigint, action ini mereference ke action yang lain


actiondelegation_ bigint, Delegation / java class yang mana


event_ bigint, yang mentrigger action


processdefinition_ bigint, Kejadian pada process definition yang mana


timername_ character varying(255),


duedate_ character varying(255), action berakhir kapan


repeat_ character varying(255), action berulang tiap


transitionname_ character varying(255),


timeraction_ bigint, jika memakai timer action


expression_ character varying(4000),


eventindex_ integer,


exceptionhandler_ bigint, exception handler untuk action ini


exceptionhandlerindex_ integer








2
jbpm_decisionconditions Menyimpan informasi kondisi /expresi untuk perpindahan state


decision_ bigint NOT NULL, Decision untuk node


transitionname_ character varying(255),


expression_ character varying(255),


index_ integer NOT NULL








3
jbpm_delegation Menyimpan informasi java class yang di spesifikasikan di process defininition ( untuk kondisi pindah state )


id_ bigint NOT NULL, id table


classname_ character varying(4000), nama class java


configuration_ character varying(4000), Konfigurasi / input ke java


configtype_ character varying(255), tipe config


processdefinition_ bigint Foregn key ke process definition








4
jbpm_event menyimpan informasi object yang mentrigger perpindahan state / task pada process definisi


id_ bigint NOT NULL, id table


eventtype_ character varying(255), tipe event ( task-create, node-leave dll )


type_ character(1),


graphelement_ bigint,


processdefinition_ bigint, FK ke process definition, terisi jika yang mentrigger process definition


node_ bigint, FK ke node, terisi jika yang mentrigger node


transition_ bigint, FK ke transition , terisi jika yang mentrigger transition


task_ bigint FK ke task, terisi jika yang mentrigger task








5
jbpm_exceptionhandler menyimpan informasi ketika terjadi error pada pada process


id_ bigint NOT NULL, id table


exceptionclassname_ character varying(4000), class exception


type_ character(1),


graphelement_ bigint,


processdefinition_ bigint,


graphelementindex_ integer,


node_ bigint,


transition_ bigint,


task_ bigint








6
jbpm_moduledefinition menyimpan data module yang dipakai pada process definisi


id_ bigint NOT NULL, id table


class_ character(1) NOT NULL, class module


name_ character varying(4000), nama class module


processdefinition_ bigint, FK ke process definition


starttask_ bigint FK task mulai pada process defintiion








7
jbpm_node Menyimpan data node pada process definition


id_ bigint NOT NULL, id table


class_ character(1) NOT NULL, class node ( E = end , R = start dll)


name_ character varying(255), nama node


processdefinition_ bigint, Node untuk process definition yang mana


isasync_ boolean,


action_ bigint, menspesifikasikan action class yang di jalankan node


superstate_ bigint, node memiliki super state


subprocessdefinition_ bigint, sub process dari process definition ( sub process akan di jalankan sebelum node berpindah ke node yang lain )


decisionexpression_ character varying(255),


decisiondelegation bigint, keputusan di ambil dari delegation / class


signal_ integer,


createtasks_ boolean,


endtasks_ boolean,


nodecollectionindex_ integer












8
jbpm_processdefinition menyimpan data umum process definition


id_ bigint NOT NULL, id table


name_ character varying(255), nama process definition


version_ integer, versi


isterminationimplicit_ boolean,


startstate_ bigint node awal








9
jbpm_swimlane Menyimpan data swimlane yang di definisikan di process definisi


id_ bigint NOT NULL, id table


name_ character varying(255), nama swimlan


actoridexpression_ character varying(255),


pooledactorsexpression_ character varying(255),


assignmentdelegation_ bigint, FK delegation table


taskmgmtdefinition_ bigint FK module definition








10
jbpm_task menyimpan informasi tentang job yang di definisikan di process definition


id_ bigint NOT NULL, id table


name_ character varying(255), nama task


processdefinition_ bigint, FK process definition


description_ character varying(4000), Keterangan


isblocking_ boolean,


issignalling_ boolean,


duedate_ character varying(255),


actoridexpression_ character varying(255),


pooledactorsexpression_ character varying(255),


taskmgmtdefinition_ bigint, Module yang dipakai


tasknode_ bigint,


startstate_ bigint, start state


assignmentdelegation_ bigint, delegation


swimlane_ bigint, swimlane


taskcontroller_ bigint task controller








11
jbpm_taskcontroller menyimpan informasi hubungan dari task ke delegation


id_ bigint NOT NULL,


taskcontrollerdelegation_ bigint Menspesifikasikan class yang di pakai controller








12
jbpm_variableaccess menyimpan variable untuk pindah state.. ( pindah state di tentukan klik dari user :: approve / reject )


id_ bigint NOT NULL, id table


variablename_ character varying(255), nama variable


access_ character varying(255), access.. read write dll


mappedname_ character varying(255), tombol pilihan


processstate_ bigint, variable untuk node


taskcontroller_ bigint, variable untuk task


index_ integer,


script_ bigint variable untuk action