Subscribe:

Main Menu

Kamis, Agustus 21, 2008

Rubah Gnome Splash Screen

Barusan ngotak-ngatik tampilan di gnome ku :D. tapi sempet kebingungan saat mau ngedit splash scrennya. coz kok gak ada menu untuk ganti splash screen :-/. lihat di appearance gak ada. di gdm apa lagi.

trus nyoba googling. akhirnya ketemu juga. caranya itu kita musti pake gnome configuration. caranya di console ketik aja gini

ali@Bastomi:~$ gconf-editor

lalu muncullah Gnome Configurationnya. trus edit di bagian apps/gnome-session/options

trus edit yang namanya splash image. ganti dengan alamat gambar yang akan di tampilkan. terus udah close. cobak logout dan .... :)




Rabu, Agustus 20, 2008

Singleton dalam Java

Pertama saya denger kata-kata ini. saya bingung apa maksud dari singleton. kata temen-temen itu tentang teknik untuk menjaga agar class itu bisa static. kayak session gitu. tapi beda :D.

Singleton itu di gunakan saat kita membutuhkan sebuah object atau class yang sering di pakai oleh object lain. jadi kalau kita definisikan berkali-kali pada tiap object. tentunya akan berakibat menghabiskan resource yang berlebih.

Misalnya gini. saat kita butuh sebuah kendaraan untuk pergi ke surabaya rombongan dengan 10 orang. tentu akan lebih baik jika kita menyewa satu buah kendaraan yang muat untuk semuanya. bukan menyewa 10 kendaraan untuk masing2 orang. kalo masing2 menyewa mobil pasti jalanan akan macet. kekekek :D. dan yang di tugasi menyewa tentunya harus satu orang saja agar tidak salah kaprah :D. kalo gak janjian ntar bisa2 pesen semua. :D.

nah sma juga dalam Design Pattern di java. teknik ini di namakan Singleton. Ciri-Ciri dari Singleton adalah :


1. Constructornya memiliki tipe private. jadi tidak boleh semua object menginstanskan object
ini
2. Ada satu variable yang tipenya static dari object itu sendiri.
3. Ada satu method public yang mengembalikan Object dengan tipe object itu sendiri.

Contoh programnya langsung aja ya. Class yang memiliki tipe singleton itu kayak gini

public class Singleton{
private static Singleton;

private Singleton(){
}

public Singleton getInstance(){
if(singleton==null){
singleton=new Singleton();
}
return singleton;
}
}

Design Pattern

Design pattern adalah sebuah solusi untuk mengulang masalah Design. Solusi ini telah dikembangkan, dikompile, dan disaring oleh programmer yang sebelumnya telah menghadapi masalah ini.

ehm.. intinya itu, misalnya kalo kita memiliki masalah seperti ini... maka penyelesaiannya harus seperti ini... :) . Mungkin dalam keseharian programmer seperti kita sudah memakai teknik-teknik design Pattern ini cuman kita tidak sadar. :).



Keuntungan dalam memakasi Design Pattern antara lain

1. Saat Implementasi kita bisa bicara umum, tidak bicara langsung ke teknik. Misalnya jika ada permasalahan kita tinggal menyebut teknik nya dan tanpa harus menjabarkan teknik yang bagaimana

2. Reuse, Dengan memakai Design Pattern ini kita bisa dengan mudah Menggunakan kembali kode-kodenya untuk project baru misalnya

3. Mudah Untuk Merubah, Ketakutan yang sering dialami oleh programmer adalah adanya perubahan Sistem. nah dengan memakai design pattern ini kita bisa dengan mudah merubahnya tanpa mempengaruhi hal yang lain

4. Loosly Looping, satu object tidak bergantung penuh pada object yang lain. berguna jika ada perubahan sistem :)

5. Koding terhadap Interface, dengan menggunakan prinsip ini. koding kita akan bisa lebih efektif. dan mudah dalam perubahan-perubahan jika misalnya perlu tambahan :)

Guruku Tersayang

nih lagu bagus banget :)


Kalau mau download mp3 nya. ambil saja di sini :)

nech Lyric nya


Pagiku Cerahku
Matahari bersinar
kugendong tas merahku
di pundak

Selamat pagi semua
kunantikan dirimu
di depan kelasmu
menantikan kami

Ref :
Guruku Tersayang
Guru tercinta
Tanpamu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terimakasihku

Nyatanya diriku
Kadang buatmu marah
Namun segala ma'af
Kau berikan


Selasa, Agustus 19, 2008

connection EJB3 ke Database Sybase

Yach sebagai arsip lagi aja :D. aku nyoba program kecil-kecilan untuk mengkoneksikan EJB ku ke database Sybase. nama koneksinya itu JPA (gak ngerti itu singkatan apa :D. kata suhu sech gitu namanya :D). eh iya. aku make GlassFish untuk Application Servernya.
pertama untuk koneksi pastikan Database Sybase nya jalan dulu :D. terus kita coba buat koneksi JDBC di GlassFishnya. caranya konfigurasi aja Connection pools nya GlassFish yang ada di Resource->JDBC
konfigurasinya saya seperti ini

Name: Sybase
Resource Type: javax.sql.DataSource
DataSource Classname: com.sybase.jdbc3.jdbc.SybDataSource
Properties:
serverName - Bastomi
portNumber - 4100
databaseName - pubs2
user - sa
password - asdf1234
URL: jdbc:sybase:Tds:Bastomi:4100/pubs2

Trus kita buat JDBCResourcenya juga :)

atau kita bisa membuatnya otomatis dalam project. caranya itu. di dalam ear-application->META-INF taruh file sun-resource.xml misalnya isinya kayak gini


<resources>

<jdbc-connection-pool name="sybase" res-type="javax.sql.DataSource" datasource-classname="com.sybase.jdbc3.jdbc.SybDataSource" >
<property name="user" value="sa"></property>
<property name="password" value="asdf1234"></property>
<property name="portNumber" value="4100"></property>
<property name="databaseName" value="pubs2"></property>
<property name="serverName" value="Bastomi"></property>
</jdbc-connection-pool>

<jdbc-resource jndi-name="jdbc/sybaseConnection" pool-name="sybase" enabled="true">
<property name="description" value="JDBC sybase"></property>
</jdbc-resource>
</resources>

nanti saat di build akan oromatis tercipta JPA sesuai dengan konfigurasi di atas :).

terus di dalam EJB3 nya. di dalam folder resource->META-INF kasih file namanya persistance.xml. isinya kayak gini

<persistence version="1.0" xmlns="http://java.sun.com/xml/ns/persistence"
xmlns: xsi="http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance"
xsi:schemaLocation="http://java.sun.com/xml/ns/persistence
http://java.sun.com/xml/ns/persistence/persistence_1_0.xsd">

<persistence-unit name="PERSON" transaction-type="JTA">
<jta-data-source>jdbc/sybaseConnection</jta-data-source>
</persistence-unit>

</persistence>

file di atas itu untuk koneksi ke GlassFishnya katanya suhu namanya itu JTA ( gakngerti juga singkatannya apa :D). eh iya jdbc/sybaseConnection itu alamat untuk koneksi ke SyBase yang kita buat tadi (yang namanya JDBC Resource)

terus untuk menggunakannya kita tinggal membuat method EntityManager yang di kasih annotaion PersistanceContext. contohnya kayak gini

@PersistenceContext(unitName="PERSON")
private EntityManager em;

UnitName itu adalah nama dari Persistance yang kita buat tadi :D.

nah EntityManager ini yang kita buat untuk operasi update delete dll.:D
Eh iya kita juga perlu membuat class untuk menyimpan datanya/table. kasih juga Annotationnya, contohnya kayak gini.

@Entity
@Table(name="MS_PERSON")
@NamedQueries({
@NamedQuery(name="MsPerson.findAll",query="SELECT b FROM MsPerson b order by b.pId"),
@NamedQuery(name="MsPerson.findById",query="SELECT b FROM MsPerson b WHERE b.pId = : pId")
})

Sudah Cukup :D. cuman segini pengetahuanku :D

Kamis, Agustus 14, 2008

Installasi Sybase ASE

sebelum instalasi kalau kernel share memory kurang dari 64 MB naikkan share memory kernel ke 64 MB = 67108864 ,
soalnya versi yang kita pakai minimum kernel share memorynya 64 MB

cara ngecek : %sysctl kernel.shmmax

cara ngedit share memory: %sysctl -w kernel.shmmax=67108864

NB:
kalo mau seterusnya(permanent) edit di /etc/sysctl.conf tambah ini
kernel.shmmax = 67108864



begitu beres, tinggal lakukan install ( ntar pilih yang express saja ), and continue just like you did in windows :D,
setelah selesai instalasi, JANGAN mengkonfigurasi databasenya dulu, karena pasti akan error, you can do it later.

setelah beres install sekarang install EBFnya, install ke tempat mas/mbak menginstall database ASE. and next-next-next :D

Ta da.. instalasi sybase telah selesai



dependancy library :
- libou atau libuo <-- saya lupa namanya, ntar kalau belum ada ntar muncul error trus ngasih tau lib nya yang kurang, :D
- glib ver 2.3 +


next
buat symlink current
tambahkan ini di bashrc

SYBASE_HOME=$HOME/opt//current
export SYBASE_HOME
. $SYBASE_HOME/SYBASE.sh


Untuk Cliennya Tinggal pake aja Squirrel :). tambahkan Jconn3.jar yang ada di Sybase ke libnya squirrel. sudah gitu aja :D

NB : yang nulis tutorial ini bos saya. Wahyu Agung Nugraha :D. hehehe nech blognya
http://wahyuagungnugraha.blogspot.com/

Mataku Kok cepet Lelah ya? :(

Akhir-akhir ini mataku sering banget lelah. rasanya gak enak banget. rasanya pengen di meremin terus aja :D. jadi ngantuk juga :(. kenapa ya? kok jadi kayak gini. barusan sadar gara2 ada temen yang tiba2 ngasih pesan di ym kayak gini

Rilis dari Ikatan Dokter Mata Indonesia : waspada keretakan retina
karena pancaran radiasi gelombang beta yang ditimbulkan oleh monitor
komputer anda. Monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah
menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah (grup metalloids)
yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah.
pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20
tahun. kerusakan pada mata tidak serta merta, tetapi bersifat gradual.
selalu isitirahatkan mata anda dengan cara menutup mata tiap 3 jam
berkomputer selama 5 menit. Penelitian lanjut masih dilakukan di pusat
mata USA. sebarkan berita ini

yach. thanks ya.. udah di kasih tahu :).

Senin, Agustus 11, 2008

Warna-Warna Chakra

Dalam literatur Yoga dikenal tubuh bioplasmik seseorang punya pintu-pintu energi yang berjumlah sekitar 360 dan terdiri dari pintu-pintu besar, sedang, dan kecil. Tetapi yang sangat berperan menghasilkan warna aura adalah pintu-pintu besar, dan dikenal dengan sebutan cakra-cakra utama yang berjumlah tujuh dan punya nama dan warna tertentu, serta memberi intensitas energi sendiri-sendiri pada tiap wilayah kesehatan organ dari tubuh fisik itu sendiri yang dijabarkan sebagai berikut.

Dalam literatur Yoga dikenal tubuh bioplasmik seseorang punya pintu-pintu energi yang berjumlah sekitar 360 dan terdiri dari pintu-pintu besar, sedang, dan kecil. Tetapi yang sangat berperan menghasilkan warna aura adalah pintu-pintu besar, dan dikenal dengan sebutan cakra-cakra utama yang berjumlah tujuh dan punya nama dan warna tertentu, serta memberi intensitas energi sendiri-sendiri pada tiap wilayah kesehatan organ dari tubuh fisik itu sendiri yang dijabarkan sebagai berikut.

1. Cakra dasar warna energi merah bertanggung jawab untuk kesehatan tulang dan otot di tubuh fisik dan memberi energi pada semangat hidup seseorang.

2. Cakra kedua warna energi oranye bertanggung jawab untuk kesehatan organ-organ reproduksi dan memberi energi pada kemampuan berinteraksi dengan sesama.

3. Cakra ketiga warna energi kuning bertanggung jawab untuk kesehatan organ-organ reproduksi dan memberi energi pada ambisi seseorang baik positif maupun negatif.

4. Cakra keempat warna energi hijau bertanggung jawab pada semua organ yang berada dalam rongga dada dan memberi energi pada timbang rasa perasaan seseorang.

5. Cakra kelima warna energi biru bertanggung jawab pada organ dalam rongga leher termasuk telinga, hidung dan tenggorokan (THT) dan memberi energi pada kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi, juga berkreativitas halus seperti melukis, dan menulis.

6. Cakra keenam warna energi indigo disebut juga nilai yang bertanggung jawab pada seluruh organ dalam rongga kepala termasuk pancaindera dan memberi energi pada kepekaan intuisi dan ketajaman perasaan (felling) untuk hal-hal abstrak, seperti berpikir cepat.

7. Cakra ketujuh warna energi violet bertanggung jawab pada semua organ di kepala, khususnya otak dan memberi energi pada sikap seseorang berhubungan dengan keillahian.


Cerita Lucu saat Komputer muncul

Jim Cartlon, seorang wartawan Wall Street Journal, baru-baru ini mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer Amerika.
Dan ternyata keluhan mereka jauh lebih "idiot" daripada yang kita kira. Berikut petikan keluhan2 konsumen yang super konyol & "super moron" itu :

1. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key" menjadi "Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak tombol "ANY" di keyboard.

2. AST Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak berani mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer?



3. Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.

4. Sebuah keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan.
Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi itu untuk dipelajari.
Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.

5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer.
Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara memegang kertas yang akan di fax di depan monitor, sambil menekan tombol "SEND" di layar.

6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan.
Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu menjemurnya."

7. Seorang konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru dibelinya. "Semua sudah terpasang dengan baik.
Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki , tidak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata "pedal kaki" yang dimaksud orang itu adalah : mouse.

8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala.
Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah "power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power switch apa?"

9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen :
Penelepon : Hallo, dengan Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan cangkir? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
Penelepon : Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan
telepon dan tertawa terbahak-bahak...)

Sumber : Kaskus

Minggu, Agustus 10, 2008

Multi Level Marketing ( MLM )

Jadi inget dulu pas kuliah, dulu ada dua orang temen yang ikut mlm :D. sering banget mengajak aku untuk ikutan mlm. males banget aku ikut mlm :(. pikirku kerja gak jelas juntrungannya. dan aku masih ragu dengan halal dan haramnya. jadi aku lebih memilih untuk tidak ikut :D. kayaknya lagi heboh-hebohnya MLM itu. sampe-sampe katanya dia (temenku) ada yang dapet mobil. ada yang dapet apa gitu :D. lupa semua aku.kekekek.... gak terlalu memperhatikan sech kalo di ceramahin MLM sama dia. ehheehhee.... :D. coz males juga dengerin gitu. udah saya tolak tapi tetep aja maksa. jadi ya mau gak mau aku dengerin aja :(. tapi banyak yang gak nyambungnya :D. hehehe.... aku jadi bertanya apa mereka masih ikutan MLM gak ya?. :/ . coz aku kok udah gak denger kabar lagi :D. dulu yang berkoar2 hebat. eh sekarang kok udah hilang.

aku di kasih tahu ama temen website yang membeberkan semua kebusukan MLM( katanya sech ) :D. websitenya itu ini

http://www.tianshi-watch.com/

setelah baca ini jadi tahu semua tentang kebohongan MLM. jadi aku sarankan, jangan ikutan kayak gini :P. hehehe

kalo mau lebih jelas lagi tentang MLM coba baca ini aja
http://vandruff.com/mlm.html

Kamis, Agustus 07, 2008

Seperti Para Koruptor - Slank


Aku gak butuh uangmu
Aku gak butuh hartamu
Yang kubutuh hanya cintamu
Setulus cintaku padamu

Aku gak mau warisanmu
Aku gak mau kekayaanmu
Yang ku mau rasa sayangmu
Sesayang aku padamu

Reff:
Hidup sederhana
Gak punya apa-apa tapi banyak cinta
Hidup bermewah-mewahan
Punya segalanya tapi sengsara
Seperti para koruptor 2x

Aku gak perlu make-up mu
Aku gak perlu bajumu
Yang ku perlu isi dadamu
Sepenuh kasihku padamu

Aku gak penting warna lipstikmu
Aku gak penting perhiasanmu
Yang penting jujur hatimu
Sejujurnya aku falling in love padamu

Back to Reff:


Ngisi data di JTable

dulu waktu masih kuliah ada tugas buat program pake java. sempet kesulitan saat mau nulis data ke table. bingung kesana-kemari nyari cara gimana agar bisa :D. tapi alhamdulillah akhirnya bisa juga :). caranya gini.

kita tinggal buat Abstract Table Model. kita tutunkan tiga method utamanya yaitu
- getColumnCount( )
- getRowCount( )
- getValueAt(int rowIndex, int columnIndex)

tiga itu intinya sech. tapi kalo mau nambah boleh seperti
- getColumnName( int columnIndex)
- isCellEditable( int rowIndex, int columnIndex)
- setValueAt(Object aValue, int rowIndex, int columnIndex)
- dll.
lihat aja di docs nya AbstractTableModel.
trus kalo udah tinggal kita set table model ini ke jtable kita :). contoh programnya kayak gini :


final String nmKolom[]={"kolom 1","kolom 2","...dst"};
final String data[][]={{"Data A1","Data A2","...dst"},
{"Data B1","Data B2","...dst"},
{"Data C1","Data C2","...dst"}};
TableModel model=new AbstractTableModel(){

public int getColumnCount() {
// TODO Auto-generated method stub
return nmKolom.length;
}
public String getColumnName(int column){
return nmKolom[column];
}

public int getRowCount() {
// TODO Auto-generated method stub
return data.length;
}

public Object getValueAt(int rowIndex, int columnIndex) {
// TODO Auto-generated method stub
return data[rowIndex][columnIndex];
}
};

JTable jtable1=new JTable();
jtable1.setModel(model);



Selasa, Agustus 05, 2008

Freemarker itu apa ya?

apa itu Freemarker ya? pertanyaan itu yang pertama muncul saat denger istilah ini :D. setelah di cari-cari di google. akhirnya ketemu juga. katanya Freemarker itu Template Engine. skrg apa itu template engine? kekekeke :D. masih sangat bodoh ya :D. banyak yang gak ngerti :D.
Template Engine itu ehm... gimana ya ngomongnya ? :D. udahlah pokoknya buat tampilan tapi makai template. ehm.. gampangnya gimana ya?. contoh aja lah :D.

misalnya kita mau nulis di web itu kata2 Hi < user yang login >

nach di templatenya/freemarker kita tinggal nulis kayakgini nech

Hi ${user}

trus di javanya tinggal kita lempar. user itu isinya Bastomi misalnya :D. hehehe...