Subscribe:

Main Menu

Jumat, Mei 30, 2008

Voice Processing

Hari ini aq mencoba bermain2 dengan pengenalan suara... ato biasa dikenal Voice Processing, tapi hasilnya masih Kacau gmana ya???

Frekuensi sampleq = 12000 Hz itu berarti 12000 sample per detik
1 Frame = 20 ms atau 0.02 detik itu berarti
1 dtk =12000
0.02 = ?
jml Sample dlm satu frame= 12000 * 0.02 / 1 = 240 sample

Panjang Rekaman = 0.9 detik
bearti
jumlah sample= 12000 * 0.9 /1 = 10800 sample
Jumlah Frame = 10800 / (240/2) = 90 frame // Ket : Framenya balapan :D

Untuk perhitungan pertama dengan java hasilnya kok gini ??

==============================
Ini Hasilnya bagus.. tapi jumlah frame kok beda jauh dengan perhitungan.......???
----------------------------------------------------------------------------
11059
2
88464
audioFormat.getFrameRate()=12000.0
audioFormat.getSampleRate()=12000.0
audioFormat.getFrameSize()=2
audioFormat.getSampleSizeInBits()=16
audioFormat.isBigEndian()=false
Jumlah Sample=5529
Jumlah Frame=46
=============================

trus aku akali aja biar jumlah samplenya sama... aku anggap sample size nya 8 , heheh....

hasilnya kayak gini...

============================

Hasilnya Jelek.... :( nilainya beda jauh dengan yang asli... aku plot hasilnya kacau
---------------------------------------------------------------------
11059
2
88464
audioFormat.getFrameRate()=12000.0
audioFormat.getSampleRate()=12000.0
audioFormat.getFrameSize()=2
audioFormat.getSampleSizeInBits()=16
sample size diganti 8
audioFormat.isBigEndian()=false
Jumlah Sample=11058
Jumlah Frame=92
==============================

Aku baru nget gimana kalo dianggap framenya itu juga balapan ???

Hasilnya kayak gini

=========================

Frame Dianggap Balapan :D
Hasil = BAgus Cuman frame yang belakang kok nilainya nol trus ???
Angka nol di mulai 2765 kenapa kok 2765 ???
---------------------------------------------------------------------
11059
2
88464
audioFormat.getFrameRate()=12000.0
audioFormat.getSampleRate()=12000.0
audioFormat.getFrameSize()=2
audioFormat.getSampleSizeInBits()=16
audioFormat.isBigEndian()=false
Jumlah Sample=11058
Jumlah Frame=92
==================================

0 komentar: