Dulu sudah buat komponen picture box nah di komponen itu bisa kita edit2 atau tambahin nech. tidak hanya nampilin image. misal kita mau gambar garis. tinggal kita tambahin aja method drawLine,draw Oval atau pun lainnya. kita manfaatin tuch method2nya Graphics. antara lain
draw3DRect(int x, int y, int width, int height, boolean raised)
drawArc(int x, int y, int width, int height, int startAngle, int arcAngle)
drawBytes(byte[] data, int offset, int length, int x, int y)
drawChars(char[] data, int offset, int length, int x, int y)
drawImage(Image img, int x, int y, Color bgcolor, ImageObserver observer)
drawImage(Image img, int x, int y, ImageObserver observer)
drawImage(Image img, int x, int y, int width, int height, Color bgcolor, ImageObserver observer)
drawImage(Image img, int x, int y, int width, int height, ImageObserver observer)
drawImage(Image img, int dx1, int dy1, int dx2, int dy2, int sx1, int sy1, int sx2, int sy2, Color bgcolor, ImageObserver observer)
drawImage(Image img, int dx1, int dy1, int dx2, int dy2, int sx1, int sy1, int sx2, int sy2, ImageObserver observer)
drawLine(int x1, int y1, int x2, int y2)
drawOval(int x, int y, int width, int height)
drawPolygon(int[] xPoints, int[] yPoints, int nPoints)
drawPolygon(Polygon p)
drawPolyline(int[] xPoints, int[] yPoints, int nPoints)
drawRect(int x, int y, int width, int height)
drawRoundRect(int x, int y, int width, int height, int arcWidth, int arcHeight)
drawString(AttributedCharacterIterator iterator, int x, int y)
drawString(String str, int x, int y)
fill3DRect(int x, int y, int width, int height, boolean raised)
fillArc(int x, int y, int width, int height, int startAngle, int arcAngle)
fillOval(int x, int y, int width, int height)
fillPolygon(int[] xPoints, int[] yPoints, int nPoints)
fillPolygon(Polygon p)
fillRect(int x, int y, int width, int height)
fillRoundRect(int x, int y, int width, int height, int arcWidth, int arcHeight)
dan lain-lain.. tinggal kita butuhnya apa :)
oh iya. yang paling penting dalam image processing itu kan, gimana agar kita bisa dapetin RGB dari pixel tertentu. nah untuk itu ada caranya. tadi saat drawImage. imagenya di simpen dalam variabel aja. eh tunggu dulu. jenis image tadi apa dulu? java.awt.image atau BufferedImage?
kalo jenisnya image buatin method kayak gini untuk dapetin RGB nya
public void handlesinglepixel(int x, int y, int pixel) {
int alpha = (pixel >> 24) & 0xff;
int red = (pixel >> 16) & 0xff;
int green = (pixel >> 8) & 0xff;
int blue = (pixel ) & 0xff;
// Deal with the pixel as necessary...
}
public void handlepixels(Image img, int x, int y, int w, int h) {
int[] pixels = new int[w * h];
PixelGrabber pg = new PixelGrabber(img, x, y, w, h, pixels, 0, w);
try {
pg.grabPixels();
} catch (InterruptedException e) {
System.err.println("interrupted waiting for pixels!");
return;
}
if ((pg.getStatus() & ImageObserver.ABORT) != 0) {
System.err.println("image fetch aborted or errored");
return;
}
kalo jenisnya BufferedImage kita bisa langsung dapetin RGBnya dengan
BufferedImage.getRGB(x, y);kalo jenisnya selain itu. berarti musti kita convert ke jenis ini. image atau BufferedImage :)
udahlah aku rasa itu aja dulu :).
2 komentar:
mas saya minta source tntng digital image processing??soalnya saya buat ngerjain PA tntng absensi webcam dengan metode image processing mengunakan java..
minta bantuannya mas..
terima kasih
wah untuk source code saya sudah tidak ada. sudah hilang semua. sudah lama banget :D
Posting Komentar