Halaman

Subscribe:

Main Menu

Selasa, September 23, 2008

Pelajaran Hidup yang baru bagiku

Hari ini aku belajar sesuatu tentang hidup. tentang karakter manusia. dulu waktu kecil, waktu kira2 aku masih sekolah setar dengan SMP. pamanku sering mengatakan kalau orang-orang kota itu kebanyakan individualis. suka mementingkan diri sendiri. gak mau tahu dengan urusan orang lain. dia mau melakukan sesuatu hal jika itu menguntungkan bagi dirinya sendiri.

Setelah aku menginjak dewasa, aku mulai pergi berkelana di beberapa kota. kebanyakan orang-orang yang aku temui, semuanya ramah. tidak seperti yang di katakan pamanku. bahkan ada beberapa temenku yang rela berkorban untuk teman yang lain. meski itu tidak membawa kebaikan sama sekali bagi dirinya sendiri. contohnya ada satu temenku kuliah. dia memiliki sifat yang patut untuk di contoh, rasa pedulinya terhadap orang lain, terhadap temannya. meskipun karakternya dan jalan hidupnya tidaklah begitu sesuai dengna tuntunan islam. tapi aku salut dan kagum dengan sifatnya. yang lebih mempedulikan orang lain dari pada diri sendiri. bahkan terkadang itu akan sangat merugikan dirinya, tapi dia tetep mau membantu temannya. semoga allah memberikan nilai dan pahala yang lebih pada orang - orang seperti ini.

Hal yang berputar balik 180 derajat dari penilaianku yang pertama. aku alami saat aku mulai berkelana ke jakarta, dan juga ke negeri jiran saat ini. orang-orang yang aku dapati tidaklah seperti orang-orang yang aku temui saat-saat kuliah, saat kerja di surabaya. tapi malah berbeda jauh aku rasa. mereka lebih memntingkan diri sendiri dari pada orang lain. mereka mau membantu temannya, kalau itu memberikan manfaat bagi dirinya. kalau itu sama sekali tidak memberikan manfa'at bagi dirinya. begitu individualis aku rasa. tak mau memperhatikan teman sendiri. karena tak memberi manfaat bagi dirinya. apalagi jika itu akan memberikan kerugian bagi dirinya?. yach begitulah mereka aku rasa.

akhirnya kesimpulanku sekarang adalah : benar kata pamanku, orang kota kebanyakan memiliki sifat yang individualis, tak mau mempedulikan orang lain. mau membantu kalaupun itu memberikan manfaat bagi dirinya sendiri.

Sehingga keputusanku saat ini. aku ingin kembali ke tempatku yang dulu, orang-orang yang mau mempedulikan orang lain. bukan orang-orang yang mementingkan diri sendiri. aku akan keluar dari tempat ini. keputusan yang pasti aku rasa. :). pengalaman yang mengesankan. pengalaman yang tidak akan aku lupakan :). terima kasih sudah di berikan pengalaman seperti ini. alhamdulillah.... :).

0 komentar: