Subscribe:

Main Menu

Senin, September 15, 2008

Hacking sudo root

pernah aku saat kerja. di kasih sebuah komputer tanpa di kasih hak akses untuk sudo. jadi gak bisa install program atau apa-apa. untuk audio juga gak dikasih :(. padahal kan pengen bisa dengerin lagu :(. biar gak BT. akhirnya muncul juga ide licik dari ku :D. aku ingin memberikan hak akses sudo dan audio dll. ke userku :D.
mikir-mikir gimana ya caranya? cara untuk memberikan hak akses sudo adalah dengan menambahkan nama user kita di file /etc/group pada group admin. tapi saya tidak bisa untuk mengedit file /etc/group. karena saya tidak punya hak akses untuk itu:-?. gimana ya caranya ? :-/

setelah di pikir-pikir saya coba aja masuk ke recovery mode nya ubuntu. jadi saat kita booting pertama, di grubnya itukan ada pilihannya. pilih yang recovery mode. setelah masuk. pilih ke mode root user. dan seharusnya anda akan bisa langsung masuk ke user root dlm mode konsole. :D. tapi lain ceritanya jika user rootnya saat habis install itu di set passwordnya :D. kalo kayak gini kita musti masukkan passwordnya :D. tapi kebanyakan orang nginstall ubuntu tidak pernah di set tuch password root nya. mungkin karena kebanyakan udah make sudo. jadi user root itu seakan2 udah gak ada :D.
nach setelah masuk kita bisa mengedit file /etc/group nya :D. jadinya kayak gini nech :D.


klog:x:104:
scanner:x:105:hplip,ali
nvram:x:106:
fuse:x:107:bofh
ssl-cert:x:108:
lpadmin:x:109:bofh,ali
crontab:x:110:
mlocate:x:111:
ssh:x:112:
avahi-autoipd:x:113:
admin:x:114:bofh,ali
messagebus:x:115:
avahi:x:116:
netdev:x:117:
polkituser:x:118:


nach setelah itu save. dan restart. kalo mau pake audio. tambahin aja di group audionya kayak yang di cetak tebal di atas. cuman itukan untuk admin/sudo :D.

nach setelah di restart, seharusnya udah bisa. dan kita bisa menggunakan sudo dengan bebas :D. hehehe....


0 komentar: