Subscribe:

Main Menu

Kamis, April 24, 2008

Linux Kernel Panic

Dulu aku paling gak suka kalo linux error dan errornya itu kayak gitu "Kernel Panic", wah udah panic beneran dach :D, hehehee... tapi lama kelamaan males juga kalo setiap otak-atik linux terus error kayak gini terus. akhir nya nyoba2 sok benerin :D.

Alhamdulillah, setelah di otak-atik ternyata bisa juga :D. ternyata kebanyakan linux kernel panic itu karena kernelnya linux tidak tahu letak partisi yang ada OS Linux nya. itu biasa terjadi kalo kita pasang copot hardisk. tau install2 OS di hardisk kita :D. atau mungkin mempartisi ulang hardisk kita. jadi boot looder nya lnux yang dulu mencatat letak partisi linux itu di partisi kedua ternyata pindah ke partisi ke 3 misalnya. nah itu yang bikin kernelnya linux itu panic :D hehehe....

Nah, cara benerinnya...
  1. kalo misalnya udah ada boot loader nya. kamu masuk aja ke linuxnya tapi kasih parameter dengan menunjukkan letak artisi utama atau root nya linux. terus pasti masuk dech :). atau kalo boot loader nya udah hilang, kamu pake aja cd linux yang live terus masuk change root ke partisi linux anda :)
  2. install boot loadernya.. biar ntar masuk ke linuxnya gak ada trouble, jangan lupa edit juga inittabnya, pastikan linux ngerti kalo partisi root mu itu ada di partisi yang benar.
  3. nah selesai. dan coba restart kompnya. insyaallah sudah bisa seperti biasanya :)

0 komentar: