Subscribe:

Main Menu

Senin, April 14, 2008

Buat Status Bar di Java

Kemarin saya bingung mau buat status bar di programku agar keliatan lebih elegan gitu. kayak program2 yang gede2 itu... tapi aku nyarih statusbar di java kok gak ada ya???
jadi bingung gimana buatnya?
akhirnya saya putuskan untuk membuat sendiri pake panel terus di tumpuki label2 gitu
agar lebih keren panelnya sya set border Bevel

setBorder(javax.swing.BorderFactory.createBevelBorder(javax.swing.border.BevelBorder.LOWERED));

terus agar keliatan keren lagi antar label di pisah pake JSeparator :D

terus kadangkan di statusbar itu munculin capslock, numlock ama scrollock itu kan? on apa off?
nah di java itu agar tahu satus capslock itu pake koding gini nich

boolean hasil=Toolkit.getDefaultToolkit().getLockingKeyState(KeyEvent.VK_CAPS_LOCK);
System.out.println(hasil);
if(hasil){
lblCaps.setText("CAPS");
}else{
lblCaps.setText(" ");
}
hasil=Toolkit.getDefaultToolkit().getLockingKeyState(KeyEvent.VK_NUM_LOCK);
System.out.println(hasil);
if(hasil){
lblNum.setText("NUM");
}else{
lblNum.setText(" ");
}
hasil=Toolkit.getDefaultToolkit().getLockingKeyState(KeyEvent.VK_SCROLL_LOCK);
System.out.println(hasil);
if(hasil){
lblScoll.setText("SCR");
}else{
lblScoll.setText(" ");
}

nah yang terakhir mau aku tambahi jam.... d java kalo mau nampilin jam ya biasa aja kayak gini nich

SimpleDateFormat tf=new SimpleDateFormat("HH:mm:ss");
SimpleDateFormat df=new SimpleDateFormat("dd MMMM yyyy");
lblTime.setText(tf.format(new Date()));
lblTime.setToolTipText(df.format(new Date()));

nah udah jadi dech status bar bikinan ku :))

0 komentar: