Subscribe:

Main Menu

Senin, Juni 30, 2008

Konfigurasi Struts.xml

Kalo anda pernah mencoba Struts2 tentu anda sudah tahu apa fungsi file Struts.xml. file ini adalah konfigurasi utama dari FrameWork Struts2. File ini seharusnya di letakkan di classpath dari webapp. umunya sech di /WEB-INF/classes. dalam File Konfigurasi ini harus di dahului tag utama yaitu tag. dan selanjutnya di ikuti 4 tag yaitu.
  1. package tag
  2. include tag
  3. bean tag
  4. constant tag.


and constant.

1. The Package Tag :
Tag ini di pakai untuk mengroupkan atan mengelompokkan action, result, result types, interceptors dan interceptors-stacks kedalam logika konfigurasi yang di inginkan. pada konsepnya package dalam java sama dengan object / class dimana objek itu bisa di extends dan memiliki bagian sendiri yang dapat di pakai sendiri oleh paket itu.

Atribut-atribut dari tag ini antara lain :

Attribute Kebutuhan Keterangan
name Harus ada ID untuk membedakan package
extends Tidak perlu ada kalo mau extends ke package lain
namespace Tidak perlu ada di gunakan untuk me mapping package pada url ( untuk memanggil package )
abstract Tidak perlu ada seperti tipe abstract pada java umumnya. yang nantinya butuh di extends oleh package lain

2. The Include Tag:
Tag ini di pakai untuk membuat Struts.xml lebih modular. gampangnya lebih enak untuk di baca lah. jadi misalnya project kita sangat luas. tentu nantinya Struts.xml nya akan sangat banyak. dan ini akan sulit untuk membaca nya langsung jadi satu file. lebih baik di pisah menjadi beberapa file agar lebih mudah di cerna :D, contoh Sintaknya kayak gini









3. The Bean Tag

Kebanyakan Projek jarang untuk memakai tag ini. tag ini butuh atribute class yang spesifik untuk membuat dan memakainya. tag ini biasanya di butuhkan karena kebutuhan dari framework untuk melakukan hal tertentu.

Contoh :





...




4. The Constant Tag
tag ini di gunakan untuk menyimpan constanta2 yang nanti akan di butuhkan dalam project. bisa constanta apa saja. misalnya : aturan tanggal gimana, terus maximum upload file dll. constanta dapat di deklarasikan dengan beberapa file. defaultnya Struts secara berurutan akan mencari konstanta pada file-file ini.

* struts-default.xml
* struts-plugin.xml
* struts.xml
* struts.properties
* web.xml
pada struts.properties setiap isian akan di anggap sebagai konstanta. pada web.xml inisialisasi FilterDispatcher dianggap sebagai konstanta, pada file xml lain constanta butuh dua atribute utama yaitu : name dan value, contoh :

Pada (struts.xml)





...



Pada (struts.properties)

struts.devMode = true

0 komentar: