Halaman

Subscribe:

Main Menu

Selasa, Juni 17, 2008

Error "java.lang.ClassNotFoundException: org.eclipse.core.runtime.Plugin"

Pertama nyoba Eclipse. pas nginstall eh muncul error kayak gini. jadi bingung mo gimana nech. setalah di otak-atik. akhirnnya ketemu juga. gini cara ngatasinnya. sebenernya errornya itu karena ada masalah pada javanya. eclipse butuh java yang dari sun. bukan java yang biasanya otomatis terinstall dari awal. atau defaultnya. jadi kita perlu nginstall java yang dari sun. minimal versi 1.5. cara nginstallnya gini nech

cek java yang available / sesuai

$update-java-alternatives -l

seharunya keluar kayak gini

> java-1.5.0-sun 53 /usr/lib/jvm/java-1.5.0-sun
> java-6-sun 63 /usr/lib/jvm/java-6-sun
> java-6-sun 73 /usr/lib/jvm/java-7-sun
> java-gcj 1042 /usr/lib/jvm/java-gcj
terus jalannin ini

$sudo update-java-alternatives -s java-1.5.0-sun

pastikan versinya yaitu versi 1.5.0, 1.5.1 atau yang lebih baru

Terakhir. update /etc/jvm. menjadi kayak gini nech

# This file defines the default system JVM search order. Each
# JVM should list their JAVA_HOME compatible directory in this file.
# The default system JVM is the first one available from top to
# bottom.

/usr/lib/jvm/ia32-java-1.5.0-sun
/usr/lib/jvm/java-1.5.0-sun
/usr/lib/jvm/java-gcj
jika sudah seharusnya eclipse udah bisa jalan normal :)

1 komentar: