Subscribe:

Main Menu

Rabu, Juni 18, 2008

Apa Itu Spring ?

Spring... Apa itu ya Spring? aku juga masih belajar, apa itu sech Spring. sedalam pengertianku yach. Spring itu semacam FrameWork. FrameWork itu bisa di katakan semacam kumpulan Standard aturan-aturan atau library yg bisa digunakan untuk mempercepat proses pengembangan atau menjadikan pengembangan yg rapi terstruktur dan dapat dikembangkan dikemudian hari dengan mudah. Spring itu juga menganut MVC tapi lebih utamanya Spring itu adalah konsep yg dikenal dengan nama Dependency Injection atau inversion of control dari FrameWork.
Hubungan Objek Spring di definisikan dengan file XML. dengan begitu kita dapat menaruh commmponent yang berbda saat runtime atau untuk aplikasi yang berbeda. INi sangat berguna untuk aplikasi yang melakukan uji coba dulu atau untuk membangun aplikasi yang sudah ada di gunakan untuk customer lain.
Ada tiga tipe utama dalam dependency injection. antara lain : setter-based, constructor-based, and interface-based injection. Spring mendukung setter-based and constructor-based injection langsung. dalam arti lain Spring dapat menciptakan object referensi melalui contructor dan dapat meodifikasinya melalui objek dengan memanggil methog setter.



Spring sangat menjunjung tinggi nilai dari highly cohesive dan loosely coupled. highly cohesive itu jika kita membuat sebuah objek tertentu misalnya objek mahasiswa. ya dia cuma melakukan fungsi yg berkaitan dengan mahasiswa aja tidak dikotori sama kode2 tentang fungsi laen, misalnya klo di php, bikin kelas mahasiswa eh pas mau masukin nilai mahasiswa, ada fungsi loggin dsb, cek password, otentikasi itu namanya gak high cohesive karena gak menjalankan fungsi yang "ditakdirkan" untuk dia. Nahh klo loosely coupled gimana klo kelas kita itu gak terlalu bergantung sama yg laennya dalam artian dia bisa berdiri sendiri. misalnya klo kayak kelas tangan ama jari.. biasanya kan pas ngoding kita hardcode tuh, di constructor si tangan, klo dia punya instance array of jari yg sizenya 5 , nahh klo dispring, gak ada tuh yg gituan adanya namanya "wiring" jadi dependency itu di-"wire" ketika aplikasi jalan, lewat konfigurasi XML Seperti yang di jelasin di atas makanya disebutnya "Dependency Injection", ketergantungan dengan kelas laen yg "disuntik" saat runtime.

0 komentar: