Subscribe:

Main Menu

Kamis, Maret 05, 2009

Smart Client

Kali ini saya di suruh research tentang smart client. hal yang perlu di ketahui adalah.. apa itu smart client? gak tahu :D. aku juga baru denger waktu itu... hehehehe...

setelah search di google. tentang smart client.. aku mendapatkan beberapa istilah yang berhubungan dengan smart client.

pada intinya sebuah software itu bisa di bagi menjadi 2 macam. yaitu : thin client atau thick client(fat client)

1. thin client
thin client itu artinya clientnya kecil :D. hehehe... gampangnya sech softwarenya dalam bentuk website. :D. hubungannya itu kalo website kan clientnya kecil yaitu browser saja. gak perlu pake yang lain. fokus di server. keuntungannya itu kalo ada software update cukup ke server saja gak perlu client di update juga :D.

2. thick client
artinya itu clientnya gede alias gendut :D. kalo thick client itu softwarenya dalam bentuk desktop. kalo software kayak gini kan kita perlu nginstal di tiap pc alias client. jadi makanya di namakan client gede :D. keuntungannya itu tampilannya bisa enak bisa macem2 gak kayak website cuman bentuk text dan variasinya gitu aja. kalo pake desktop bisa di kasih macem2. cuman kelemahannya kalo update software susah :D.



SMART CLIENT
kalo smart client itu solusi dari kelemahan kedua jenis software tersebut. jadi nantinya di software kita tampilannya bisa bagus. kayak desktop gitu bisa langsung drag and drop. dan juga gak perlu update ke tiap client, kalo misalnya ada update terbaru.

Solusi yang di pake itu bisa pake Java Web Start (JWS) atau pake Ajax. kalo pake Java Web Start (JWS). untuk membukanya masukkan url ke browser.. nanti otomatis akan keluar program desktop di pc kita. program ini di ambil dari server. dan akan terus mengecek kalo ada versi terbaru maka download lagi... :). kalo pake ajax. sama aja kayak software website. cuman tampilannya udah kayak desktop. bisa drag and drop. bisa macem2 mirip kayak desktop :).


0 komentar: