Halaman

Subscribe:

Main Menu

Kamis, Juli 10, 2008

Java Reflection

Dulu saya sering bingung. saat ingin memanggil method dimana objek yang saya dapat itu belum jelas tipenya. jadi saya tidak tahu apa saja methodnya :(. dulu saya sering bingung. setelah beralih ke java. ternyata java bisa melakukannya. dengan metode yang namanya itu java reflection :D. hehehe... saya juga baru belajar nech yang namanya ginian..
setelah di pelajari ternyata asyik juga. jadi misal saya ingin jalanin class yang namanya customer gitu. saya gak perlu buat koding Customer cust=new Customer() gitu. kita bisa buatnya saat runtime. sangar gak tuch :D. hehe... dasar bastomi, kuno... baru sekarang ngerti kayak ginian :)). ternyata aku memang ketinggalan zaman. Ilmuku masih dikit bangeeet... huff... ayo terus belajar :D. sekedar buat pengingat aku. cara untuk melakukan java reflection itu kayak gini nech..

misal kita mau jalankan method getName pada Object Customer. hal pertama yang perlu kita lakukan adalah : membuat object Customer itu dulu. caranya gini nech :

yang kalo dalam coding normal kayak gini

Customer cust=new Customer();

dalam java reflection jadi kayak gini nech

Class klas=Class.forName("Customer");
Object cust=klas.newInstance();

trus... kalo misalnya kita mau jalanin method di dalam Customer kayak gini
yang kalo dalam coding normal :

cust.getName();

Method method = klas.getMethod(methodName, paramTypes);
Object retval=method.invoke(cust, args);

sudah gitu aja :D. hehehe

0 komentar: