Subscribe:

Main Menu

Kamis, April 12, 2012

Setting Calendar di SAP

Kegiatan setiap tahun yang perlu di lakukan oleh SAP yaitu mengatur tanggal atau Calendar. ini digunakan untuk menentukan hari libur pada periode satu tahun yang akan datang. sehingga kita bisa memastikan dalam merencanakan pekerjaan akan selesai pada hari tertentu.

Untuk mengatur Calendar di SAP gunakan T-Code : SCAL.

Ada tiga pilihan menu. Public holidays, Holidat calendar dan Factory Calendar. pertama, pilih public holiday lalu klik tombol change.

Di sini kita perlu menentukan hari2 libur yang akan terjadi selama satu tahun. misal : hari raya idul fitri, hari kemerdakaan RI, dll. pilih jenis hari liburnya jika sudah ada lalu change. atau klik tombol new untuk mendefinisikan hari libur baru.

Ada beberapa jenis dari hari libur. saya jelaskan 2 jenis saja yang sering di pakai. yaitu movable holiday dan fixed date.
movable holiday artinya setiap tahun tanggalnya berubah-rubah. contohnya hari raya idul fitri, idul adha, dll.
fixed date artinya setiap tahun tanggalnya sudah pasti. contohnya, Tahun Baru, hari kemerdekaan, dll.

Jika sudah mendefinisikan semua hari libur pada satu tahun. pilih menu ke dua yaitu Holiday Calendar.

Di sini akan tampil semua calendar. buat baru kalendar untuk perusahaan yang di inginkan. atau pilih lalu klik tombol change jika sudah ada calendar untuk perusahaan yang di inginkan.


Di halaman ini, kita mendefinisikan kalender yang akan di gunakan perusahaan. atur validasi kalender. dan assign hari libur dalam satu tahun.

jika sudah mendefinisikan kalender yang akan di gunakan perusahaan. pilih menu terakhir. yaitu Factory Calendar.

Di sini kita buat Factory Calendar untuk perusahaan kita. hubungkan dg Holiday Calendar yang tadi di buat. dan pilih hari aktif kerja di perusahaan. lalu simpan.

0 komentar: