Subscribe:

Main Menu

Jumat, April 13, 2012

SAP : Close/Open Periode MM

Di SAP ada kegiatan rutin yang terus di lakukan tiap bulan. yaitu Close/Open Periode MM. ini di gunakan untuk menutup dan membuka periode transaksi MM yang ada di SAP. di gunakan untuk meminimalisir kesalahan user. agar user tidak mengupdate transaksi di luar periode.

akibat dari kesalahan update transkasi di luar periode akan berimbas ke sisi accounting. laporan keuangan yang seharusnya sudah selesai dan di tutup. tidak boleh untuk di buka kembali

untuk melakukan transaksi Close/Open Periode MM gunakan T-Code : MMPV.

berikut contoh untuk menutup dan membuka periode di MM.

yang pertama dilakukan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu periode yang sedang aktif sekarang untuk bulan dan tahun berapa. untuk mengetahuinya, gunakan T-Code MMRV

masukkan Company Code dari perusahaan lalu tekan enter. lalu akan muncul halaman seperti berikut.

Di halaman ini kita bisa melihat Current period atau periode yang aktif sekarang. di sini di sebutkan periode yang aktif sekarang yaitu bulan 03 tahun 1998. dan juga ada data Previous period yaitu periode sebelum periode yg aktif sekarang. juga ada pilihan "Allow posting to prevous per." di gunakan untuk memilih apakah user di perbolehkan melakukan transaksi di 1 periode sebelumnya?.

setelah kita tahu periode yang aktif sekarang. gunakan T-Code MMPV. untuk menutup dan membuka periode yang baru.


Masukkan Company code perusahaan. dan masukkan juga periode bulan dan tahun yang akan di buka. lalu klik tombol Execute.

Terima Kasih.

0 komentar: