Subscribe:

Main Menu

Kamis, Desember 02, 2010

berbuat baik kepada orang lain

Kemarin hari, saya berbicara banyak hal dengan pak toni (teman kos saya). beliau menceritakan banyak hal tentang kehidupannya. dan saya memetik banyak pelajaran dari semua itu. ada beberapa hal dari semua pembicaraannya yang perlu saya garis bawahi dan menarik buat saya.

Beliau memiliki sifat yang orang jawa bilang luman. suka memberi kepada orang lain. beliau berpendapat, semua yang beliau lakukan tidaklah berarti jika dibandingkan nilai balik yang akan dia dapatkan.

beliau mencontohkan. beliau sering membelikan makan atau mentraktir teman, tetangga atau orang "cangkruk" di depan rumah. cukup membelikan makan seadanya mereka sudah akan sangat senang. jika di hitung-hitung membelikan minum/makan untuk mereka semua tidak akan lebih dari 50rb. apalagi kalau cuman gorengan 10rb sudah bisa untuk semua orang.

dengan hanya seperti itu hasil yang akan kita dapat apa? kalau di dalam agama mengatakan allah akan membalas semua itu dengan berkali-kali lipat. lalu apa yang beliau dapatkan?, yang beliau dapatkan selain rizki bertambah beliau juga mendapatkan perhatian atau wibawa di hadapan teman dan tetangganya. jika ada suatu masalah mereka semua akan siap untuk membantu. bahkan tidak perlu di minta mereka sendiri akan datang untuk membantu.

beliau juga menceritakan awal dari terbentuknya usaha beliau mendirikan service motor AHAS, sampai bisa besar seperti sekarang. mulai dari kerja keras dan cara pelayanannya. beliau berusaha agar semua pegawainya bisa senang kerja di tempatnya. beliau menceritakan saat bengkelnya mulai ramai. beliau menyakan ke semua pegawainya mengenai sistem gajiannya. yang selama ini gajiannya tiap bulan. apakah mau di ganti ke persenan? semua pegawai setuju untuk di ganti persenan. dan berapa aturannya? semua pegawai meminta 60% bengkel 40% pegawai. tapi beliau menolak. lebih baik 30%bengkel 70% pegawai. kenapai pegawai lebih besar? beliau berfikir tidak apa-apa. yang penting semua rajin bekerja. beliau berusaha membuat para pegawainya berpikir "saya bekerja tidak ikut orang. tapi ini semua milik saya juga". dan hasil dari semua itu juga sangat bagus. semua pegawai bekerja dengan rajin. bahkan sampai malam baru tutup.

Jika kita berbuat baik kepada orang lain. maka orang lain itu juga akan berbuat baik kepada kita. itu hal yang saya dapat dari semuanya itu.

0 komentar: