Subscribe:

Main Menu

Senin, Agustus 01, 2011

Tujuh cakra dalam Avatar the last air bender

Kemarin melihat film Avatar The last airbender di Global TV episode Book two: Earth, Chapter 19: The Guru.. ada adegan yang menerangkan tujuh cakra dalam tahapan menguasai kebesaran Avatar. dari ketujuh cakra ini mengandung pesan-pesan moral tersendiri :).

Ada tujuh cakra energi dalam tubuh kita dan setiap energi memiliki tujuan tersendiri dan dapat terbendung oleh sifat emosional tertentu.

Inilah tujuh cakra tersebut:

1. Cakra Bumi(Muladhara) . Terletak di dasar tulang belakang. Dia disebabkan oleh kepercayaan. Terbendung oleh perasaan takut.

2. Cakra Air(Swadhisthana). Terletak di tulang kelangkang. Cakra ini dibebaskan oleh kesenangan dan dibendung oleh rasa bersalah. Kenyataan yang telah membuatmu menyalahkan dirimu telah terjadi. Tapi jangan membiarkannya menampar dan meracuni energimu. Jika kamu bisa berpikir positif, kamu akan bisa memaafkan dirimu sendiri.

3. Cakra Api(Manipura). Terletak pada lambung. Cakra ini dibebaskan oleh tekad. Terbendung oleh rasa malu. Terkadang kita merasa malu untuk melakukan suatu hal. jangan jadikan malu ini menghalangi tujuan dan cita-cita kita. kuatkan tekad untuk menuju cita-cita.

4. Cakra Angin(Anahata). Terletak di hati. Cakra ini di bebaskan oleh cinta. Terbendung oleh duka cita. Lepaskan semua duka citamu. Kamu mungkin sangat kehilangan. Tapi cinta adalah energi yang sangat penting. Cinta yang berakhir bagimu, bukan berarti akhir dari energi ini. Dia masih tetap ada di dalam hatimu dan tumbuh kembali menjadi cinta baru. Biarkan kesedihan mengalir keluar.

5. Cakra Suara(Vishuddah). Terletak pada tenggorokan. Dia berurusan dengan kebenaran. Terbendung oleh kebohongan. jangan berbohong tentang diri sendiri. terimalah semuanya.dan ceritakan semua dengan kejujuran.

6. Cakra Cahaya(Ajna). Terletak di tengah-tengah dahi. Dia berurusan dengan batin. Terbendung oleh ilusi. Ilusi terhebat pada tingkat ini adalah ilusi dari perpecahan. Merasa sesuatu itu terpisah, namun sebenarnya adalah satu kesatuan. Semua negara pada dasarnya sama. semuanya terhubung. semuanya satu kesatuan. Bahkan keempat elemen yang terpisah (air, bumi, api, dan angin) adalah ilusi. Elemen tersebut adalah satu kesatuan.

7. Cakra Pikiran (Sahasrara) Terletak di atas kepala. Dia berurusan dengan energi kosmis. Terbendung oleh hal duniawi. Apa hal yang membuatmu terikat pada dunia? Lepaskanlah semuanya itu. Biarkanlah airmu mengalir dengan bebas. tanpa terbebani dunia.

0 komentar: