Halaman

Subscribe:

Main Menu

Rabu, Juli 28, 2010

Ireport : Crosstab Group

Seharian kemarin saya disibukkan dengan pembuatan crosstab group. saya mencoba beberapa cara untuk menampilkan sebuah laporan yang bentuknya crosstab tapi juga di kelompokkan per pasien. saya sudah menemukan satu cara yang berhasil.

yaitu dengan cara membuat sebuah group pasien. lalu crosstab saya letakkan di detail. untuk querynya saya buatkan sub dataset dengan parameter pasien. dengan cara ini bisa menampilkan laporan sesuai yang saya inginkan. hanya saja kecepatannya masih jauh dari kurang. dikarenakan setiap pasien perlu mengeksekusi query terus menerus.

setelah mencoba berkali-kali masih tetap saja kecepatannya kurang memuaskan. tapi alhamdulillah dari sebuah forum saya menemukan sebuah cara untuk membuat crosstab group yang ternyata sudah di sediakan oleh ireport itu sendiri.

Cara membautnya yaitu seperti berikut

1. misalkan data yang ingin kita tampilkan seperti berikut
Pasien 1
      Tanggal           jasa sarana        jasa dokter
     -------------------------------------------------------------
     01/01/2010        1000                1500
     02/01/2010        1000                1500

Pasien 2
      Tanggal           jasa sarana        jasa dokter
     -------------------------------------------------------------
     01/01/2010        3000                1500
2. pertama buatkan query untuk menampilkan data tersebut dengan field2 sbb:
      Nama Pasien
      Tanggal
      Nama Tagihan
      Jumlah
3. tambahkan group pasien di ireport
4. di group header letakkan nama pasien
5. di group footer letakkan crosstab yang akan menampilkan detailnya
      Tanggal           jasa sarana        jasa dokter
     -------------------------------------------------------------
     01/01/2010        3000                1500
6. klik crosstab lalu klik kanan -> crosstab properties > crosstab data > reset type: set ke group. dan untuk reset group pilih group pasien
7. seharusnya dengan cara seperti ini sudah akan tampil laporan yang di inginkan. selesai :)

0 komentar: